Labu dan Cuka, Menu Kesukaan Rasulullah, Nabi Tak Pernah Mencela Makanan

Labu dan Cuka, Menu Kesukaan Rasulullah, Nabi Tak Pernah Mencela Makanan Labu kuning. Foto: wikipidea

JOMBANG, BANGSAONLINE.COM – Apa saja makanan atau menu yang disukai Nabi Muhammad SAW? Inilah penjelasan Hadratussyaikh KH Muhammad Hasyim Asy’ari, ulama 'alim ‘allamah yang dikenal sebagai ahli Hadits dan lama belajar di Makkah.

“Beliau suka manisan, madu, dan sangat tertarik dengan makanan sejenis labu,” tulis Hadratussyaikh KH Muhamma Hasyim Asy’ari dalam kitab Nurul Mubin Fimahabbati Sayidil Mursalin.

Kitab tersebut sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh KH Muhammad Ishom Hadziq, cucu Hadratussyaikh. Kini kitab tersebut dijilid jadi satu dengan kitab-kitab karangan Hadratussyaikh yang lain dan diterbitkan dengan judul Maha Karya Hadratusssyiakh KHM Hasyim Asy’ari.

Labu atau waluh banyak macamnya. Ada labu siam, labu putih, labu kuning dan banyak lagi. Tanaman labu ini banyak tumbuh dan dibudidayakan di Indonesia, Afrika, Amerika, India, China dan negara-negara lainnya.

Menurut Hadratussyaikh, Nabi SAW juga suka dengan makanan yang dimasak dengan cuka. Hadratussyaikh mengutip Hadits Nabi.

“Beliau (Nabi) bersabda: Bumbu/lauk yang paling nikmat adalah cuka, dan tidaklah pernah sepi rumah yang di dalamnya ada cuka,” tulis Hadratussyaikh mengutip Hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO