Gubernur Khofifah Pastikan Pasokan Beras di Jawa Timur Tetap Aman

Gubernur Khofifah Pastikan Pasokan Beras di Jawa Timur Tetap Aman Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat menunjukkan beras murah yang disediakan untuk pasar murah di Kompleks Pendopo Krido Manunggal Tuban, Senin (2/10/2023).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur mengatakan, meskipun musim kemarau panjang sudah berjalan namun pasokan padi di wilayah Jawa Timur masih tetap aman.

Hal itu disampaikan Gubernur Khofifah, saat mengunjungi pasar murah yang diselenggarakan di Kompleks Pendopo Krido Manunggal , Senin (2/10/2023).

"Alhamdulillah hingga saat ini padi kita surplus hingga 9,23 persen. Dan pada tahun 2022 kemarin Jatim menghasilkan padi 9,7 juta ton," terang Khofifah sapaan akrabnya.

Menurutnya, pasar murah yang menyediakan beras, mie, minyak hingga telur ini berguna untuk menekan harga yang melebihi HET di pasaran.

Meskipun harga beras sendiri di Jawa Timur tergolong paling rendah se-Pulau Jawa. Disisi lain, harga beras naik lantaran harga gabah basah maupun kering yang dikirim ke penggilingan juga mengalami kenaikan.

Dampaknya secara otomatis harga beras yang terjual di pasaran mengalami kenaikan.

"Selain untuk kebutuhan dalam provinsi, Jawa Timur juga menyuplai beras ke 16 provinsi di luar jawa. Termasuk, menyuplai ke Sumsel, Riau hingga Kepulauan Bangka Belitung," imbuh Gubernur Perempuan Pertama Jawa Timur.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO