Tips Bolu Kukus Mengembang dengan Sempurna

Tips Bolu Kukus Mengembang dengan Sempurna Tips Bolu Kukus Mengembang dengan Sempurna. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bolu kukus yang mengembang dengan sempurna jauh lebih menarik untuk dilihat, sehingga meningkatkan nafsu makan. Jika bolu kukus umumnya bertekstur lembut, sementara bolu kukus yang merekah sempurna harus bertekstur padat.

Berikut tips bolu kukus mengembang dengan sempurna, yaitu:

1. Perhatikan pilihan telur

Gunakanlah telur ukuran sedang yaitu 50 gram. Pengunaan telur ayam yang lebih besar akan menghasilkan adonan yang lebih lembut sehingga sulit atau tidak bisa berkembang.

2. Bahan gula pasir

Gula apsir yang digunakan harus banyak, sehingga ketika dikocok telur akan segera mengental. Hal itu yang menyebabkan bolu kukus cenderung terasa sangat manis. Penggunaan gula pasir kasar disarankan dalam pembuatan bolu kukus.

3. Emulsifier

Penggunaan emulsifier dapat membantu tercampurnya unsur lemak dan air. Emulsifier sebaiknya tidak terlalu banyak seperti pembuatan cake lainnya.

4. Tepung terigu

Dibutuhkan tepung terigu dengan jumlah cukup banyak dalam pembuatan bolu kukus. Artinya lebih banyak dibandingkan ketika membuat cake jenis lain. Tepung terigu dalam jumlah banyak akan membuat adonan menjadi kental dan menghasilkan tekstur kue yang padat.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO