Ini Sikap Gus Salam, Cucu Pendiri NU yang Dipecat PBNU

Ini Sikap Gus Salam, Cucu Pendiri NU yang Dipecat PBNU KH Abdus Salam Shohib (Gus Salam). Foto: dok pwnu jatim

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Sikap PBNU yang memecat KH Abdus Salam Shohib, cicit pendiri NU KH Bisri Syansuri, dari jabatannya sebagai Wakil Ketua PWNU Jawa Timur terus menjadi perbincangan para kiai dan warga NU. Banyak kiai dan kader NU menyayangkan langkah PBNU yang diangggp main pecat. Apalagi Gus Salam dikenal luas sebagai dzurriah (keturunan) kiai pendiri NU yang sangat berjasa terhadap organisasi keagamaan yang didirikan Hadratussyaikh KHM Asy’ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah itu.

Bahkan banyak kiai dan kader NU – termasuk pengurus aktif NU sendiri- yang mempersoalkan surat “pemecatan” PBNU yang tidak ditandatangani oleh Rais Aam, Katib Aam, Ketua Umum dan Sekjen PBNU itu. Tapi ditandatangani oleh jajaran pengurus PBNU di bawahnya sehinggaa para elit Syuriah dan Tanfidziah PBNU terkesan “cuci tangan” (Lihat foto kopi surat yang beredar di media sosial di bawah).

“Itu sikap tak kesatria,” kata seorang kader NU di Jawa Timur.

Surat "Pemberitahaun" PBNU itu hanya ditandatangani dua orang pengurus PBNU, yaitu ketua dan wakil sekretaris jenderal.

Bahkan surat PBNU itu bersifat “pemberitahuan” terkesan membebankan kepada PWNU Jawa Timur untuk “menyelsaikan” Gus Salam.

Namun Gus Salam sendiri langsung bersikap tegas. Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang Jawa Timur langsung melayangkan pernyataan sikap secara terbuka.

Di bawah ini BANGSAONLINE memuat secara utuh isi pernyataan sikap Gus Salam:

SIARAN PERNYATAAN SIKAP ا

. ً ِذير َِم َني هَ َعام ْ ل ِ ُكوَن ن َ ي ِ م ِ ِده ْ ََل َعب َن عَ ْرقَا ُف ْ َذزَل ام ذَّلِي ن ُد ِهلل ا ْ َحم ْ م اَ ْ ِحْْكََة ام َ ْْلَ و ُ م ْ بََٓتُه ُهللا ام َ ث ًْيا و ِ بوِ َِت َخْْيًا لَ ُ ْ ِحْْكََة فَقَ ْد ُ ْؤَث ام َ َم ْن ي .و ُ ا يَ َشاء ذ م ُو مِ َ م ذ َعَل و ذ يُم َص ْ انل ِّل ذ ََل وَس وََبِرْك ّلِ ِد عَ َن ِ ّ باعَُو َ ي َ ثّ ِ َا ٕا ين ْ َ ْوَج َب ُهللا عَل ُم َحذم د ا َِّلي ٔب س

Bismillahirrohmanirrohim. Yang menyatakan dan bertanda tangan dibawah ini adalah saya, Abdus Salam alias KH Abdus Salam Shohib, sering dipanggil dengan julukan Gus Salam; yang dalam beberapa sikap dan tulisan mengidentifikasi diri saya sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar, Jombang dan sebagai Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur serta dalam surat Gugatan PMH di PN Jombang nomor: 53/Pdt.G/2023/PN Jbg bertindak (legal standing) sebagai Mustasyar PCNU Jombang Masa Khidmat 2017-2022 dan sekaligus Mustasyar dalam susunan kepengurusan PCNU Jombang Masa Khidmat 2022-2027 yang telah ditetapkan oleh Tim Formatur dan telah mendapat Rekomendasi dari PWNU Jawa Timur untuk ditetapkan dan disahkan PBNU.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO