Gus Ipul Sampaikan 3 Tantangan Lembaga Pendidikan Maarif NU Saat ini

Gus Ipul Sampaikan 3 Tantangan Lembaga Pendidikan Maarif NU Saat ini Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Saifullah Yusuf, menyampaikan 3 tantangan serius yang akan dihadapi oleh Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif pada era sekarang ini. 

Hal tersebut disampaikan pimpinan daerah yang akrab disapa itu ketika menghadiri pengukuhan Kepala Lembaga BHP dan Seminar Nasional PC LP Ma’arif Kota di Gedung Gradhika Kota , Sabtu (23/7/2023).

"Dari hasil Survei Kementerian Pendidikan, ditemukan ada tiga tantangan serius yang dihadapi oleh dunia pendidikan kita. Pertama adalah perundungan, kedua pelecehan seksual, dan ketiga intoleransi yang masih berkembang di daerah-daerah," ujarnya.

Ia lantas memberikan contoh bagaimana dunia pendidikan hari ini menghadapi tiga tantangan tersebut. Soal perundungan, ia mencontohkan seorang siswa yang telah membakar sekolahnya karena kecewa telah dirundung oleh teman dan gurunya.

“Ini suatu kenyataan yang ada, walaupun presentasi setiap daerah itu berbeda. Namun persoalan ini, hampir setiap daerah ada,” tuturnya.

Kedua, soal pelecehan seksual. Menurut dia, kasus pelecehan seksual ini ada yang terungkap dan ada yang tidak. Sehingga, ada yang berani melawan dan ada pula yang tidak berani melawan.

"Saya pernah keliling seluruh daerah di Jawa Timur saat menjadi ketua pramuka. Saya mengajak orang tua dan anak-anak untuk berani melapor jika terjadi pelecehan seksual. Sebab yang dilecehkan ini, pada saatnya nanti akan menjadi pelaku," ucapnya.

"Maka pencegahan pelecehan ini harus dilakukan sejak dini. Dan orang tua, juga harus berani melaporkan jika itu terjadi pada anaknya. Untuk itu, saya titipkan kepada kepala sekolah yang akan dikukuhkan hari ini, untuk lebih perhatian dan serius dengan ini. Karena berdasarkan hasil survei, hal ini masih kerap terjadi di lingkungan pendidikan kita," imbuhnya.

Ketiga, kasus intoleransi yang masih ada di daerah-daerah di Indonesia, dan mungkin saja juga terjadi di Kota .

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO