Sering Terjadi Rem Blong, Warga Buat Jalur Darurat di Klemuk Songgoriti

Sering Terjadi Rem Blong, Warga Buat Jalur Darurat di Klemuk Songgoriti Warga Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu, saat membangun jalur darurat.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Maraknya peristiwa rem blong pada jalur ekstrem Klemuk di Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan , Kota , membuat warga setempat prihatin. Oleh karena itu, mereka membuat jalur darurat yang diperuntukkan bagi pengendara roda dua dan empat yang mengalami rem blong.

"Ya, pembuatan jalur darurat ini diinisiasi oleh lembaga masyarakat desa hutan Kelurahan Songgokerto bersama tokoh masyarakat. Ini diperuntukkan bagi pengendara yang mengalami rem blong sehingga bisa meminimalisir adanya korban," kata Budi Santoso, tokoh masyarakat Kelurahan Songgokerto yang juga Ketua RW 4, Jumat (31/3/2023).

Ia mengungkapkan, dibuatnya jalur penyelamat ini karena di jalan klemuk ini sudah beberapa kali terjadi rem blong, baik sepeda motor maupun mobil. Dengan adanya jalur darurat ini, diharapkan bagi pengendara yang sudah lepas kendali bisa langsung masuk jalur penyelamat agar tidak sampai fatal dan meminimalkan korban dan kerusakan.

Sementara itu, Wiwin Pranoto, Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan(LMDH) Kelurahan Songgokerto mengungkapkan, sumber dana pembuatan jalur darurat tersebut murni swadaya masayarakat. Warga dengan sukarela memberikan sumbangan hingga terkumpul lebih kurang 50 juta.

"Dananya berasal dari swadaya masyarakat yang menyumbang seikhlasnya. Ada juga yang menyumbang ban bekas sebagai penahan benturan. Alhamdulillah bisa dimanfaatkan untuk membuat jalur penyelamat ini," ungkap Wiwin.

Diakui, tidak ada partisipasi pemerintah daerah, terutama Dishub dalam pengadaan jalur darurat yang memiliki lebar 6 meter dan panjang 20 meter tersebut. Padahal sejak tahun 2015 pihak LMDH Songgokerto sudah mengajukan proposal. (asa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Balita Perempuan Disiksa Calon Bapak Tiri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO