Mau Puasa Sunnah di Bulan Rajab? Begini Bacaan Niatnya

Mau Puasa Sunnah di Bulan Rajab? Begini Bacaan Niatnya Ilustrasi

BANGSAONLINE.com - Bagi umat muslim tentu tahu jika ada saat diwajibkan berpuasa, diharamkan puasa, dan juga disunnahkan untuk berpuasa. Bahkan hal ini juga sudah dibahas dalam beberapa kitab fikih. Salah satu waktu sunnah berpuasa adalah bulan Rajab.

Pada bulan Rajab diutamakan melaksanakan sunnah puasa di bulan Rajab selama tiga hari dari bulan tersebut. Mungkin sebagian masih belum tahu mengenai niat dari puasa Sunnah Rajab ini. Sebab itu, kali ini kami akan membahasnya.

Bagaimana Niat Puasa Sunah di Bulan Rajab?

Langsung saja akan dibahas mengenai  niat puasa rajab bulan rajab yang dapat dihafalkan. Untuk niatnya sendiri sebenarnya cukup mudah dan cukup pendek. Karena hampir mirip seperti saat niat puasa di bulan Ramadhan.

Lafadz Arab yang bisa dihafalkan untuk niat puasa Rajab adalah نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى. Namun jika tidak bisa membaca tulisan abjad Arab, maka bisa baca tulisan latin. Tentunya agar lebih mudah.

Untuk latinnya sendiri adalah: nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i sunnati rajaba lillahi ta‘ala. Namun ada beberapa versi lain yang mungkin akan ditemukan di internet. Tapi perlu diketahui juga makna dari niat ini.

Niat untuk puasa sunnah memang lebih mudah ketimbang puasa wajib bulan Ramadhan. Jadi, niat sunnah sendiri yang terpenting adalah niat dari dalam hati. Jadi, pengguna bisa gunakan niat tadi atau versi yang lebih mudah.

Apakah Boleh Puasa Sunnah Rajab Dibarengi dengan Puasa Qadha Puasa Ramadhan?

Bagi umat muslim yang pernah membatalkan puasa di bulan Ramadhan, tentu berkewajiban untuk menggantinya. Sehingga muncul pertanyaan, apakah boleh jika puasa qadha dibarengi sunah Rajab? Maka jawabannya adalah boleh.

Jadi, saat qadha puasa di bulan Rajab, maka insyaallah akan mendapatkan keutamaan dan pahala dari bulan tersebut. Jadi niat yang dapat dilakukan adalah niat Qadha saja. Tidak usah niat sunah Rajab seperti yang disebutkan di atas.

Sebab dikatakan, bahwa saat puasa di bulan Rajab, namun doa yang dibuatkan adalah untuk Qadha Ramadhan maka tak masalah. Karena insyaallah akan ikut mendapatkan pahala puasa di bulan Rajab. Sehingga akan memudahkan umat muslim.

Untuk do’a qadha puasa di bulan Rajab sendiri hampir sama seperti saat niat di bulan Ramadhan. Hanya saja ini versi Qadha yakni

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO