6 Tips Sehat Begadang Nonton Piala Dunia

6 Tips Sehat Begadang Nonton Piala Dunia Bersantai dan minum kopi merupakan salah satu tips sehat selama begadang nonton Piala Dunia. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Qatar menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 yang akan dimulai pada 20 November sampai 18 Desember tahun ini. Event empat tahunan yang ditunggu jutaan mata penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Para penghobi bola rela untuk bertahan sejak pukul 17.00 sore dan bisa selesai hingga sekitar pukul 04.00 dini hari demi menyaksikan timnya berlaga.

Mereka mengorbankan waktu istirahatnya dengan begadang sampai pagi saat menonton acara Piala Dunia. Padahal, mengurangi jam istirahat di malam hari bisa menimbulkan ancaman kesehatan bagi tubuh.

Nah, jadi bagaimana Anda bisa bertahan selama gelaran PIala Dunia berlangsung tanpa mengorbankan rutinitas harian? Yuk ikuti beberapa tips sehat dan bugar selama begadang nonton Piala Dunia.

1. Olahraga Ringan

Mendengar kata olahraga, pasti diantara kita sudah pasti malas untuk melakukannya. Jangankan kurang tidur atau begadang, bahkan tidur sesuai yang disarankan saja tak membuat semangat olahraga Anda muncul.

Olahraga ringan merupakan salah satu cara paling efektif disaat kita begadang untuk menonton Piala Dunia. Manfaatkan kesempatan untuk melakukan olahraga ringan di saat jeda pertandingan sepak bola. Di masa istirahat tersebut, Anda bisa menyisihkan waktu untuk peregangan tubuh dengan gerakan pemanasan ringan, yoga, plank, atau squad.

Olahraga ringan disaat kita menonton bola membuat tubuh Anda siap untuk menjalani pekerjaan esok hari tanpa kekurangan stamina sedikitpun. Selain itu, olahraga juga akan membantu meningkatkan menambah energi, membakar kalori, kekuatan otot, memperbaiki konsentrasi, menghilangkan stres, menyehatkan jantung, mengendalikan kadar gula darah, dan mencegah obesitas.

2. Tidur Selama 20 Menit

Apabila Anda menonton Piala Dunia selama dua jam di tengah malam, bukan berarti Anda mengalihkan tidur kita ‘dua jam’ tersebut pada siang harinya. Bukannya sehat, justru malah memberikan ancaman terhadap organ tubuh kita.

Lalu adakah solusinya? Selama kita begadang pada malam hari, usahakan tidur singkat selama 20 hingga 30 menit untuk bisa begadang lagi menonton sepak bola.

Menurut penelitian, tidur yang singkat dapat membuat  Anda lebih maksimal daripada sebelumnya dalam melakukan aktifitas. Jadi, ambil kesempatan waktu makan siang untuk tidur sebentar selama 20 menit.

3. Tubuh Terhidrasi

Hidrasi diartikan sebagai keseimbangan cairan dalam tubuh dan merupakan syarat yang penting untuk menjamin fungsi metabolisme sel tubuh.

Ini adalah hal utama yang dibutuhkan jika Anda ingin begadang menonton Piala Dunia, yaitu dengan memperbanyak minum air putih.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO