Polisi Tangkap Pengedar BBM Palsu di Blitar

Polisi Tangkap Pengedar BBM Palsu di Blitar Suasana konferensi pers ungkap kasus BBM palsu yang dilakukan Polres Blitar. Foto: BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Petugas menangkap pengedar palsu di . Kapolres , AKBP Adhitya Panji Anom, mengatakan bahwa pelaku merupakan warga Desa/Kecamatan Binangun, Kabupaten , berinisial IS (45).

Ia menuturkan, tersangka mengubah bahan bakar kendaraan jenis menjadi premium untuk mendapatkan keuntungan lebih. IS, kata Panji, memanfaatkan kefanatikan warga terhadap jenis premium yang saat ini sudah dihapus pemerintah.

"Jadi di wilayah setempat, warganya lebih fanatik kepada jenis premium, karena dianggap lebih bagus dibanding . Hal ini yang dimanfaatkan pelaku untuk mengambil keuntungan dengan mengubah jenis jadi premium," ujarnya saat konferensi pers, Selasa (30/8/2022).

Panji menyebut,  palsu itu dijual dengan harga tak wajar, yakni Rp12 ribu per liter. Pasalnya, masyarakat setempat menjadikan premium sebagai bahan bakar yang lebih dicari ketimbang .

"Premium dijual dengan harga lebih tinggi daripada . Karena di Binangun yang jadi favorit warga adalah premium sehingga dijual lebih mahal," tambahnya.

Ia memaparkan, pelaku melakukan pemalsuan dengan cara mengendapkan bahan bakar jenis . Setelah mengendap, lalu disuling dan diberi campuran pewarna kuning sehingga menjadi seperti premium.

"Pelaku kemudian menjual ke toko eceran, kurang lebih ke tujuh toko. Ini sudah dilakukan sekitar satu tahun dan memanfaatkan momen dihapuskannya jenis premium serta masyarakat yang sudah fanatik dengan jenis premium dengan alasan lebih awet," paparnya.

Kasus pemalsuan jenis premium ini terbongkar dari sejumlah toko yang menyertakan papan daftar harga. Di sana tercantum premium yang lebih mahal dibandingkan jenis .

"Jadi ini menjadi kecurigaan kami dan kemudian melakukan penyelidikan hingga berhasil mengamankan pelaku," pungkasnya. (ina/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO