Pemkab Bojonegoro Dorong Pelaku IKM Bangkit Pascapandemi Covid-19

Pemkab Bojonegoro Dorong Pelaku IKM Bangkit Pascapandemi Covid-19 Pembinaan IKM di Gedung Pusat Informasi Publik Diskominfo Bojonegoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Pemkab bekerja sama dengan Universitas Airlangga (Unair) dan Forum IKM Jawa Timur cabang setempat melakukan pendampingan bagi pelaku industri kecil menengah (IKM). Kegiatan dilakukan berkelanjutan sejak Juli hingga September 2022.

Kabid PIKP Diskominfo , Johan Pundi Lestari, mengatakan bahwa kerja sama ini sudah terjalin sejak masa pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 pada 2021. Hingga kini, kerja sama masih berjalan secara berkelanjutan berkat dukungan dari Pemkab .

"Proporsi UMKM binaan FIJ terbesar adalah 60 persen pada produk makanan dan minuman, sedangkan bidang produk aksesoris dan konveksi memiliki proporsi yang sama yaitu masing-masing 20%," ujarny, Minggu (14/8/2022).

Kerja sama pembinaan IKM itu mendapat dukungan dari Pemkab , yang mana kegiatan pelatihan selama ini berlangsung di Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) Diskominfo .

"Kami sangat mengapresiasi langkah Unair yang selama ini ikut membantu pengembangan IKM di Kabupaten . Ini merupakan bagian dari pemulihan ekonomi dampak Pandemi," ujar Johan menambahkan.

Riska Nur Rosyidiana, peneliti dan konsultan Departemen Bisnis Fakultas Vokasi Unair menyebut, penyusunan laporan laba rugi diperlukan untuk mengetahui kondisi keuangan usaha pada periode tertentu.

"Pelaku usaha (IKM) dapat menggunakan laporan laba rugi sebagai alat pengambilan keputusan terkait pengelolaan usaha. Jika setelah dianalisa terdapat pos-pos beban yang terlalu besar, dapat menganalisis penyebab dan mencari solusi guna menekan biaya tersebut," urai Riska.

Sementara itu, peralihan strategi bisnis offline ke online di e-commerce dijelaskan secara detail oleh Ahmad Rifqi Arina yang merupakan praktisi di industri konsumer selama lebih dari 15 tahun.

"Strategi bisnis online menjadi salah satu urgensi bisnis online dikarenakan dapat meningkatkan kemungkinan pembeli untuk memilih barang yang ditampilkan dalam etalase toko e-commerce," kata Rifqi. (nur/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO