Ketua DPRD Gresik Sebut Etos Kerja OPD di Pemkab Menurun Drastis

Ketua DPRD Gresik Sebut Etos Kerja OPD di Pemkab Menurun Drastis Ketua DPRD Gresik, Much Abdul Qodir, saat sidak Kali Lamong. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPRD , Much Abdul Qodir, menilai satu tahun lebih kepemimpinan Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) belum menunjukkan hasil yang optimal, sesuai dengan misi yang tertuang dalam rencana kerja perangkat daerah (RKPD) pemerintah daerah setempat. Menurut dia, hal ini disebabkan etos kerja sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab yang cenderung menurun secara drastis.

"Hasil pengawasan di banyak lokasi sampai triwulan kedua, kami melihat belum menemukan realisasi atau berjalannya sejumlah program OPD di APBD tahun 2022. Salah satunya terkait dengan infrastruktur daerah, seperti rusaknya Jembatan Kacangan, dan Jembatan Klampok di Kecamatan Benjeng," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima BANGSAONLINE.com, Kamis (30/6/2022).

Ia mengaku, beberapa waktu lalu, melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten . Pihak PU menjanjikan awal bulan Juni di minggu pertama akan dilakukan pembangunan dua jembatan itu dan berdasarkan pantauannya, masih belum terealisasi alias bisa dikatakan janji hanya 'pepesan kosong'.

"Fakta ini sungguh miris kinerja OPD di Kabupaten . Padahal, masyarakat setempat sudah menanti-nanti realisasi dari pembangunan dua jembatan tersebut," ungkap Ketua DPC PKB ini.

Tidak hanya dinas PU, kata Abdul Qodir, sejumlah dinas yang lain pun seperti dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD), dinas cipta karya dan kawasan permukiman (DCKKP), dinas pertanian (Distan), dinas kelautan dan perikanan (DKP), dinas pendidikan (Dispendik), dan beberapa OPD lainnya dinilai lambat atau mengalami penurunan etos kerja secara drastis.

"Terbukti sampai pada triwulan kedua tahun ini banyak program yang belum dijalankan secara optimal. Atas kondisi tersebut, saya, Ketua DPRD meminta seluruh OPD agar segera melakukan akselerasi program pembangunan di tahun anggaran 2022. Saya akan terus mendukung Bupati Gus Yani, agar memanfaatkan "forum one week" untuk dijadikan evaluasi total atas kinerja semua OPD di Kabupaten ," pungkasnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO