Otonomi Award Lurah-Camat Kota Malang 2015, Klojen Keluar Sebagai Juara

Otonomi Award Lurah-Camat Kota Malang 2015, Klojen Keluar Sebagai Juara HM Anton, Wali Kota Malang didampingi Wawali H.Sutiaji, saat foto bareng bersama Forpimda dan para pemenang Otonomi Award Lurah-Camat 2015. (Iwan/BANGSAONLINE)

MALANG, BANGSAONLINE.com - Gedung Graha Cakrawala milik Universitas Negeri Malang (UNM), tidak seperti biasanya ramai dibanjiri warga Kota Malang. Senin malam (20/04), gedung tersebut, diserbu sekitar seribu warga Kota Malang dari 5 kecamatan plus 24 kelurahan yang ikut nominator 8 kategori dalam Otonomi Award Lurah – Camat 2015. Baik laki-perempuan, tua-muda menjadi satu, memadati setiap penjuru Graha Cakrawala, guna memberikan dukungan kepada 24 Lurah dan 5 Camat.

Acara bergengsi tersebut merupakan gagasan Wali Kota Malang sendiri yakni HM Anton yang didukung oleh bekerjasama dengan Radar Malang (Jawa Pos).

Inspirasi otonomi award tersebut berawal dari keberhasilan Kelurahan Tlogomas Kecamatan Lowokwaru yang menjuarai nasional dalam kategori kelurahan terbaik.

“Penilaian dari ajang tersebut dibagi menjadi delapan kategori, pertama melalui Kelembagaan, kedua lewat partisipasi masyarakat, ketiga adanya kesehatan masyarakat, keempat hadirnya PKK yang aktif, kelima keamanan dan ketertiban selalu terjaga secara kesadaran diri masyarakat, keenam ditunjangnya pendidikan yang memadai, ketujuh diramaikan peningkatan ekonomi masyarakatnya, kedelapan dibentuknya pemerintahan yang solid dan kuat,” urai Anton sapaan HM Anton Wali Kota Malang.

Dalam ajang Otonomi Award Lurah – Camat 2015 tersebut, Kecamatan Klojen bersama 2 kelurahan yang masuk wilayahnya yakni Kasin dan Penanggungan, merupakan nominator yang berhasil menjuarai Otonomi Award 2015 malam itu (Senin,20/04).

Kelurahan Kasin berhasil meraih juara dibidang pemerintahan serta juara 1 umum (Agregat) kelurahan terbaik se Kota Malang, yang akan melaju ketingkat Jatim. Berikutnya disusul Kelurahan Penanggungan yang meraih juara dibidang pendidikan ditambah terbaik se-Kota Malang urutan ke 3 umum (agregat) setelah Kelurahan Sawojajar. Kemenangan kedua kelurahan wilayah Klojen tersebut dilengkapi oleh Kecamatan Klojen itu sendiri, yang berhasil meraih juara 1 umum Kecamatan terbaik se-Kota Malang. Sedangkan urutan kedua diisi oleh Kecamatan Blimbing.

Selain dua kelurahan wilayah Kecamatan Klojen, ada beberapa kelurahan yang berhasil memperoleh juara dari berbagai bidang seperti Kelurahan Sawojajar menggondol 3 juara dibidang Ekonomi Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat, urutan ketiga juara umum.

Sedangkan piala inspirator diraih oleh Kelurahan Tlogomas sekaligus pemenang juara kelurahan terbaik tingkat nasional. Acara moment yang menghadirkan dua pentolan srimulat yaitu Tarzan dan Marwoto ini rencananya akan digelar setiap tahun sekali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO