Jelang Pilkades Serentak, Polres Gresik Ikuti Asistensi Pengendalian Massa Dit Samapta Polda Jatim

Jelang Pilkades Serentak, Polres Gresik Ikuti Asistensi Pengendalian Massa Dit Samapta Polda Jatim Petugas gabungan 4 polres jajaran sedang melakukan asistensi pengendalian massa. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Direktorat Samapta (Dit Samapta) Polda Jawa Timur mengadakan supervisi dan asistensi pengendalian massa (Dalmas) di Mapolres , Rabu (23/3/2022).

Sebanyak 213 personel Samapta gabungan dari, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Polresta Sidoarjo, dan Polres melaksanakan peragaan metode pengendalian massa di halaman Mapolres .

AKBP Kuncoro selaku Ketua Tim Supervisi dari Dit Samapta memantau langsung kesigapan personel gabungan pengendali massa di halaman Polres tersebut.

Dalam peragaan Dalmas itu, personel gabungan 4 polres memperagakan pergantian formasi peleton dari Dalmas awal menggunakan tangan berkait dan tali Dalmas ke Dalmas lanjut. Didahului negosiasi antara pengunjuk rasa dengan puluhan Polwan Polres menemui jalan buntu.

Kendaraan taktis water cannon dan tim pengurai massa (Raimas) mengendarai motor trail juga diturunkan untuk memecah konsentrasi massa agar tidak melakukan tindakan anarkis.

Kuncoro mengatakan, dalam aplikasi sesungguhnya di lapangan dibutuhkan koordinasi yang baik antara massa pengunjuk rasa dengan petugas negosiator.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO