Negosiator Ukraina-Rusia Tewas Ditembak Kepalanya, ​Diduga Dibunuh Agen Ukraina

Negosiator Ukraina-Rusia Tewas Ditembak Kepalanya, ​Diduga Dibunuh Agen Ukraina Anggota delegasi Ukraina bernama Denis Kireev tewas ditembak kepalanya. Foto/spynews.ro/sindonews.com

KIEV, BANGSAONLINE.com - Seorang anggota delegasi, Denis Kireev, yang dikirim Kiev, Ibu Kota Ukraina, untuk terlibat dalam pembicaraan dengan pihak Moskow tewas pada Sabtu (5/3/2022).

Klaim kematian Denis Kireev itu datang dari Aleksandr Dubinsky, anggota parlemen dan jurnalis kontroversial. Dalam posting di media sosial, dia mengklaim Kireev telah dibunuh oleh agen SBU, dinas keamanan Ukraina, saat dalam upaya untuk menangkapnya.

Pernyataan itu kemudian dikonfirmasi oleh dua media, Ukraina.ua dan Obozrevatel, yang keduanya mengutip sumber anonim mereka sendiri.

Ukraina.ua menerbitkan foto yang sebagian kabur dari apa yang diklaim sebagai tubuh pria itu.

Gambar itu menunjukkan seseorang berbaring di trotoar menghadap ke atas dengan apa yang tampak seperti darah di wajahnya dan menggenang di bawah kepala.

Tidak ada komentar dari pejabat Ukraina yang tersedia pada pukul 4 sore waktu setempat pada hari Sabtu.

Deskripsi yang lebih dramatis tentang apa yang diduga terjadi diterbitkan Anatoly Sharij, seorang politisi dan jurnalis Ukraina. Dia mengklaim Kireev "dieksekusi dengan tembakan di kepala" di dekat gedung pengadilan di Kiev.

Kireev, yang memiliki latar belakang perbankan, difoto duduk di ujung kanan meja perundingan bersama pejabat Ukraina lainnya selama putaran pertama pembicaraan damai dengan Rusia pada hari Senin.

Untuk beberapa alasan, daftar resmi enam perwakilan yang dirilis Kiev ke media tidak mencantumkan namanya, sehingga statusnya selama pembicaraan masih belum jelas. Bulan lalu, Saluran 5 TV Ukraina mengklaim bahwa Kireev telah diselidiki SBU karena diduga memiliki hubungan dengan dinas intelijen Rusia, setidaknya sejak 2020.

Diduga penyelidikan telah dibatalkan karena dia memiliki koneksi pribadi di badan SBU tersebut. Masih belum jelas apakah laporan tentang Kireev yang ditayangkan di saluran tersebut, yang dimiliki mantan presiden Ukraina Petro Poroshenko, merupakan bagian dari kampanye publisitas negatif yang dilakukan terhadapnya.

Sumber: Sindonews.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO