Joe Biden-Xi Jinping Bakal "Bajak" KTT G20 di Bali?

Joe Biden-Xi Jinping Bakal "Bajak" KTT G20 di Bali? Dahlan Iskan

NUSA DUA, BANGSAONLINE.com Dua pemimpin dunia paling berpengaruh yang hadir di di Bali adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Preisden China atau Tiongkok Xi Jinping. Sorotan dunia pun tertuju pada mereka. Terutama ketika dua tokoh itu melakukan pertemuan sebelum KTT itu sendiri dimulai.

Akankan dua presiden ini “membajak” seperti kasus Donald Trump pada sebelumnya?

Simak tulisan menarik wartawan professional, Dahlan Iskan, di HARIAN BANGSA hari ini, Selasa 15 Nopember 2022. Atau di BANGSAONLINE.com di bawah ini.

AKANKAH ''pembajakan'' akan terulang di Bali? G20 pernah dibajak habis-habisan secara politik: 2018. Itu bisa terulang di sekarang ini. Yang dibuka oleh Presiden Jokowi hari ini.

Waktu itu pembajaknya Presiden Donald Trump. Dia membuat drama besar di di Argentina 2018: Trump melakukan personal KTT dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping.

Maka perhatian dunia tidak lagi ke . Pertemuan Trump dengan Jinping lebih menarik. Hubungan dagang kedua negara lagi seperti bara pemanggang sate. Membakar seluruh sate di 20 negara besar. Bahkan seluruh dunia.

Maka kalau ada pertanyaan: apakah hasil di Argentina? Tidak hanya Anda yang ingat jawabnya: drama duo kepala negara. Hanya drama Trump-Jinping yang diingat: sate itu gosong. Tidak bisa dimakan. Dua negara justru saling tinju: meningkatkan tit-for-tat.

Pun sampai sekarang: belum ada sate baru yang bisa dibakar. Justru yang sudah gosong itu dibuat abu sekalian. Lewat Ukraina.

Tanpa ingin bertemu Jinping barangkali Trump tidak ingin datang ke Argentina. Ia termasuk tokoh yang ogah-ogahan menghadiri forum seperti G20. Hasilnya dianggap tidak langsung bermanfaat bagi negaranya. Padahal Trump punya moto: America First.

Di tahun berikutnya, di Osaka, Trump menyiapkan drama yang lain: ia ajak putrinya, Ivanka, ke Osaka. Heboh. Ivanka tidak punya legalitas sebagai diplomat Amerika. Tapi ia anak Trump.

Di Osaka, Ivanka aktif mingle dengan banyak kepala negara. Yang diajak bicara juga terlihat senang-senang saja. Maka foto-foto Ivanka dengan tokoh dunia lebih mendominasi media. Ivanka begitu sering tertawa lebar. Tertawa lepas. Medsos, waktu itu, sampai membahas khusus tawa Ivanka itu secara khusus.

Trump tampaknya memang perlu mempromosikan Ivanka kepada tokoh-tokoh utama dunia. Bahkan juga kepada Kim Jong-un. Maka drama berikutnya: Trump bertemu pemimpin Agung Korea Utara Kim Jong-un.

Memang KTT dengan Kim itu tidak di forum G20, tapi itulah yang diingat publik ketika ditanya apakah hasil di Osaka tahun 2019.

Setelah dua drama itu, tahun berikutnya muncullah ''drama'' sunyi. Yakni di KTT tahun 2020 di Riyadh. Tidak ada yang hadir. Covid-19 melanda dunia. dilaksanakan secara virtual.

Apakah akan drama lagi di KTT Bali tahun 2022 ini?

Kalau saja Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Zelenskyy hadir mungkin ada drama besar sekali. Tapi Putin tidak hadir. Zelenskyy yang statusnya hanya undangan khusus hanya ikut KTT lewat online.

Memang tetap akan ada drama –yang lebih kecil: Presiden Joe Biden ber KTT khusus dengan Presiden Xi Jinping di Bali. Waktunya: tadi malam waktu Bali. Boleh dibilang itulah agenda penting pertama dua tokoh tersebut setiba di Bali.

Berarti pertemuan Biden-Jinping mendahului . Tempatnya juga di hotel yang dipergunakan untuk , di The Apurva Hotel Kempinski Nusa Dua. Hanya ruangnya yang berbeda.

Meski tidak seheboh zaman Trump di Argentina, hasil KTT dua orang ini pasti lebih dinanti daripada hasil itu sendiri. Ketegangan seluruh dunia bisa reda oleh kesepakatan dua orang itu. Memang itu bisa mengganggu fokus G20. Tapi kapan lagi mereka bisa bertemu untuk kali pertama sebagai sama-sama presiden.

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO