Sering Tergenang, Penanganan Banjir di Viaduk Gempol Butuh Keseriusan Pemerintah Daerah

Sering Tergenang, Penanganan Banjir di Viaduk Gempol Butuh Keseriusan Pemerintah Daerah Suasana Viaduk Gempol saat tergenang.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Banjir yang meliputi jalur Surabaya-Probolinggo membuat resah pengguna jalan. Pasalnya, luapan air belakangan ini terus menggenangi wilayah tersebut dan meluber ke kampung sekitarnya.

"Banjir itu kadang di atas lutut, makanya saya kalau lewat situ (naik motor melintasi ) mesti nuntun, kalau diterobos mesinnya bisa mati (mogok)," kata salah satu warga sekitar yang kerap melintasi , Rifki, kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (27/2).

Demi menghindari kemacetan dan kebanjiran di sana, ia terpaksa putar ke jalur . Genangan yang meresahkan pengguna jalan itu juga ditanggapi Ketua Asosiasi Kepala Desa se-Kecamatan Gempol, Yanto.

"Sebenarnya penanganan itu butuh keseriusan pemerintah daerahnya sendiri," ujarnya.

Menurut dia, itu jalur nasional yang dilintasi kendaraan dari berbagai daerah dan Jika itu tidak ditangani secara serius, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menjadi sorotan orang-orang dari luar daerah. Yanto berharap, pemerintah daerah setempat tanggap dengan kondisi jalan karena juga terdapat sejumlah perusahaan besar di sekitar .

"Kalau itu tidak segera ditangani, kita malu kepada orang-orang luar daerah yang melintasi jalan itu. Jadi () harus peka lah, toh di sekitar itu banyak perusahaan besar. Ya sudah, ajak mereka musyawarah untuk memperhatikan kondisi jalan itu," urai Yanto.

"Saluran air di sekitarnya diadakan normalisasi. Kemudian sungai mati di sekitar wilayah Gempol khususnya yang berdekatan dengan lokasi banjir diaktifkan. Terpenting dari elemen pemerintah mulai dari pemerintah desa hingga pemda ada komunikasi dalam penanganan itu," tuturnya menambahkan. (afa/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '6 Hari Terseret Banjir, Petani di Pasuruan Ditemukan Mengapung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO