Hadiri Talkshow 'Perempuan Berani Ambil Peran', ini Pesan Wabup Gresik

Hadiri Talkshow Wabup Aminatun Habibiah (tengah) bersama Direktur Operasi & Produksi Petrokimia Gresik Digna Jatiningsih (kanan) saat menghadiri talkshow yang digelar Srikandi BUMN Jawa Timur, Senin (14/2). foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - menghadiri talkshow yang diadakan oleh Srikandi BUMN Jawa Timur dengan tema "Perempuan Berani Ambil Peran", di Wisma Kebomas PT Petrokimia Gresik (PG), Senin (14/2).

Acara yang digelar secara online dan offline dengan 500 lebih peserta itu mengundang narasumber sejumlah perempuan hebat yang berani mengambil perannya di bidang masing-masing.

Antara lain, Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian PPPA Leny N. Rosalin, Direktur SDM, Tata Kelola, & Manajemen Resiko Pupuk Indonesia Tina T. Kemala Intan, serta Direktur Operasi & Produksi Petrokimia Gresik Digna Jatiningsih.

Dalam sambutannya, wabup mendorong kaum perempuan untuk tampil dan mengambil peran sesuai kompetensi yang dimiliki.

"Untuk tampil tidak hanya diperlukan keberanian semata, tetapi juga diperlukan adanya kompetensi yang mumpuni. Dua hal tersebut bukan merupakan suatu pilihan, sehingga wajib dimiliki dua-duanya," ucapnya.

Ia menyadari, sebagian masyarakat selama ini masih menganggap kalau tugas perempuan berada di belakang layar. Tetapi, ia yakin dengan sosialisasi mengenai pengarustamaan gender (PUG) kepada seluruh masyarakat, maka akan muncul pemahaman bersama.

"Sehingga tinggal bagaimana perempuan mengambil kesempatan yang ada," tutur perempuan yang karib disapa Ning Min ini.

Menurut wabup, dirinya bersama Bupati Fandi Akhmad Yani juga selalu mendorong perempuan untuk bisa mengambil peran di lingkungan Pemkab Gresik.

"Saya dan Pak Bupati menginginkan kuota perempuan 30%. Oleh karenanya, waktu pengangkatan eselon II kemarin kita dorong perempuan untuk ikut serta di dalamnya. Kita akan dorong itu terus, termasuk saat ini jabatan kepala desa juga diisi oleh perempuan," jelasnya.

Wabup berpesan kepada kaum perempuan Indonesia untuk terus meningkatkan kompetensi dengan cara terus belajar, serta mengabdikan diri kepada bangsa dan negara dengan cara dan peran masing-masing. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO