Minggu, 20 Oktober 2019 21:00

As'at Malik Resmi Dilantik Menjadi Bupati Lumajang

Rabu, 01 April 2015 22:43 WIB
Editor: Rosihan/Revol
Wartawan: Imron
As
Bupati Lumajang Drs H As`at Malik MAg, bersama Gubernur Jatim Soekarwo, dan unsur Forpimda Lumajang. (Imron/BANGSAONLINE)

LUMAJANG (BangsaOnline) - Gubernur Jawa Timur DR H Soekarwo secara resmi melantik Drs H As`at Malik MAg, Wakil Bupati Lumajang sebagai Bupati Lumajang menggantikan almarhum DR H Sjahrazad Masdar MA, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (01/04) sekitar pukul 10.00 wib. As`at Malik akan menjabat sebagai Bupati Lumajang hingga 2018 mendatang.

Kepala Bagian Humas Kabupaten Lumajang Bambang Hermanto SH mengatakan, di antara pejabat masuk dalam rombongan ini, masing-masing Drs As`at Malik, Sekda Lumajang dr Buntaran Supriyanto MKes, Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) yang terdiri dari pimpinan DPRD, Kapolres AKBP Aries Syahbudin, Dandim 0821, Danyon 527, dan sejumlah pimpinan Satuan Kerja (Satker) di Lingkungan Kabupaten Lumajang.

Undangan yang hadir dalam prosesi pelantikan di Gedung Negara Grahadi Surabaya adalah seluruh anggota DPRD Kabupaten Lumajang yang berjumlah 50 orang. Undangan lainnya adalah Forkompimda bersama istri, Sekda beserta Asisten yang didampingi istri, dan 14 pimpinan Satker terkait. "Undangan dari Lumajang yang hadir di Gedung Negara Grahadi, Surabaya totalnya berjumlah 80 orang," katanya.

Sebelumnya, kata Bambang, Pemkab Lumajang telah menyiapkan prosesi pelantikan ini dengan menggunakan dua fasilitas, yakni fasilitas Wakil Bupati dan fasilitas Bupati. Dalam hal ini, Wabup As`at Malik sebelum dilantik, akan menggunakan kendaraan dinas biasanya sebagai Wakil Bupati ke Gedung Negara Grahadi.

"Selanjutnya, setelah dilantik akan menggunakan kendaraan dinas selayaknya Bupati Lumajang. Seusai pelantikan, rombongan langsung kembali ke Lumajang untuk menggelar syukuran di Pendopo Kabupaten," jelasnya.

Di mana, lanjut Bambang Hermanto, acara syukuran itu akan digelar secara sederhana. Seluruh pimpinan Satker akan menyampaikan ucapan selamat kepada As`at Malik yang telah resmi menjabat sebagai Bupati Lumajang.

"Ini sesuai koordinasi dari Asisten Tata Praja Pemkab Lumajang Drs Masudi MSi, dan Asisten Administrasi Drs Wisu Wasono Adi MSi. Seluruh persiapan sudah selesai tinggal pelaksanaan saja," katanya.

Kegiatan tasyakuran digelar secara sederhana. Intinya, untuk menyambut Bupati As`at Malik dan istri setelah dilantik di Gedung Negara Grahadi, Surabaya dan langsung masuk ke Pendopo Kabupaten selaku rumah dinas Bupati. "Jadi, Bupati tidak lagi mengunakan fasilitas Wakil Bupati seperti biasanya," katanya.

Selama tasyakuran, Bupati Lumajang dan istri beramah-tamah dan mendapatkan ucapan selamat dari seluruh undangan. Di mana kegiatan itu akan dibuka Sekda Lumajang dr Buntaran Supriyanto MKes, selaku tuan rumah.

"Sementara, untuk pelaksanaan Sertijab, akan gelar 15 April mendatang. Sebab untuk prosesi sertijab membutuhkan persiapan, karena tidak hanya sertijab Bupati saja yang akan dilaksanakan. Namun, juga Sertijab dan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK oleh istri Gubernur Jatim yang akan hadir ke Lumajang," ungkap dia.

Khusus untuk prosesi Sertijab, Pemkab Lumajang telah mengkonsolidasikan persiapannya melalui rakor lintas instansi. "Untuk pelaksanaan Sertijab, sudah digelar koordinasi dengan undangan seluruhnya mencapai 1.000 orang," tuturnya.

Undangan yang akan hadir, di antaranya dari DPRD Kabupaten Lumajang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokompimda), seluruh pimpinan Satuan Kerja (Satker) di lingkungan Pemkab Lumajang, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh Kepala Desa.

Dalam prosesi sertijab nanti, lanjut dia, akan diserahkan memori jabatan Bupati yang akan diwakili dr Buntaran Supriyanto, Mkes Sekda.

"Ini sesuai aturan dan prosesinya memang berbeda karena Bupati Lumajang yang akan digantikan meninggal dunia. Dalam prosesi ini nantinya juga akan dihadiri keluarga almarhum Sjahrazad Masdar Bupati," pungkasnya

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...