Menko Marves Apresiasi Progres Pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri

Menko Marves Apresiasi Progres Pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang serta Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Jalil saat kunker progres pembangunan Bandara Internasional Kediri. foto: ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri yang tergolong cepat.

Bandara itu dibangun oleh PT Surya Dhoho Investama (anak perusahaan PT Gudang Garam Tbk.) melalui skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Kami tujuh bulan yang lalu datang ke sini dengan Pak Sofyan, progresnya baik sekali. Ini akan punya dampak (positif) di selatan Jawa Timur,” kata Luhut saat kunjungan kerja di lokasi pembangunan Bandara Internasional Dhoho Kediri, Kecamatan Grogol, Selasa (29/11/2021).

Dengan keberadaan bandara itu, lanjut Luhut, masyarakat di Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kediri, dan sekitarnya tidak perlu lagi ke Surabaya untuk mengakses transportasi udara. Terlebih lagi dukungan infrastruktur jalan tol yang akan mempercepat konektivitas antar daerah.

“Terima kasih kepada Gudang Garam, kami lihat investasinya tidak kecil, delapan sampai sembilan triliun,” terang Luhut.

Untuk itu, ia mengajak semua pihak mendukung jalannya pembangunan bandara dan tol demi meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah selatan Jawa Timur. Termasuk penyelesaian pembebasan lahan yang sampai saat ini masih tersisa 1,7 hektare.

Sebagai proyek strategis nasional, Luhut meminta pembangunan Bandara Internasional Dhoho tidak boleh ada yang menghambat. Pemerintah telah memberi kelonggaran kepada para pemilik lahan yang dibebaskan dengan nilai ganti untung yang besar.

Simak berita selengkapnya ...