Pengajian Ikapete, Gus Fahmi: Kalau Jadi Pengurus NU Rebutan, Tapi Kalau Ngurusi NU Singitan

Pengajian Ikapete, Gus Fahmi: Kalau Jadi Pengurus NU Rebutan, Tapi Kalau Ngurusi NU Singitan Gus Fahmi Amrulloh saat pengajian rutin bersama Ikatan Alumni Pesantren Tebuireng (Ikapete) se-Wilayah Pasuruan Raya.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Ikatan Keluarga Alumni () se-Wilayah Pasuruan Raya kembali menggelar pengajian bersama KH. Fahmi Amrulloh atau akrab disapa , Kepala Pondok Pesantren Putri Tebuireng Jombang Jawa Timur. Kegiatan itu difasilitasi oleh Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan, H. Fauzi, Ahad (26/09) sore.

mengatakan, bahwa pengajian ini yang terpenting bukan soal kajian kitabnya. Sebab, kalau soal kajian kitab kebanyakan alumni sudah mampu. Namun inti dari giat tersebut adalah pertemuan para alumni.

"Pengajian ini bukan soal ngajinya, tetapi silaturrahminya," terang saat ngobrol santai di kediaman H. Fauzi, Desa Tebas, Gondang Wetan, Pasuruan.

Dalam kesempatan itu, mengingatkan kembali statement pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari. Yakni, "Barang siapa yang ngurusiitu santriku, dan barang siapa yang menjadi santriku, saya doakan husnul khotimah."

Namun, menurut dia, untuk ngurusiitu membutuhkan biaya yang cukup banyak. Karena itu, ia membedakan istilah ngurusidan pengurus NU.

"Ngurusidan pengurusitu beda. Kalau ngurusiiku entek e akeh (habis biaya banyak), tapi kalau pengurusiku hasile akeh (hasilnya banyak)," terang yang merupakan cucu Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy'ari.

"Kalau orang ngurusiitu singitan (sembunyi), tapi kalau jadi pengurusrebutan," lanjut .

Pengajian rutin ini diselenggarakan dua bulan sekali secara bergilir. Tergantung siapa alumni yang mau menjadi tuan rumah pengajian tersebut. Untuk kali ini, kitab yang dikaji adalah "Irsyadusarri", kitab karya Hadratussyaikh KH Muhamad Hasyim Asy'ari. (afa/rev)

( Amrulloh bersama H. Fauzi, Anggota DPRD Pasuruan Fraksi Partai Gerindra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Dihadang Petugas, Caketum PBNU Kiai As'ad Ali dan Kiai Asep Jalan Kaki ke Pembukaan Muktamar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO