UTM Gandeng UGM Launching Pembentukan Pusat Riset & Pengembangan Sapi Madura

UTM Gandeng UGM Launching Pembentukan Pusat Riset & Pengembangan Sapi Madura Launching Pembentukan Pusat Riset dan Pengembangan Sapi Madura di Desa Waru Barat, Pamekasan, Sabtu (11/9/2021).

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Universitas Trunojoyo Madura (UTM) berkomitmen terhadap pengembangan potensi Pulau Madura, mulai dari sapi, garam, jagung, serta rempah-rempah dan wisata syariah halal.

Hal ini disampaikan Rektor UTM Dr. Drs. Ec. Moh. Syarif saat launching Pembentukan Pusat Riset dan Pengembangan Sapi Madura bekerja sama dengan Fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada (UGM), Sabtu (11/9/2021). Acara itu berlangsung di lapangan Sport Culture and Art (Soca) Center Desa Waru Barat Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan dihadiri puluhan peternak Sapi Sono dan Sapi Taccèk.

Ia menjelaskan, Desa Waru Barat dipilih sebagai lokasi riset dan pengembangan sapi Madura karena populasi Sapi Sono dan Sapi Taccèk sangat bagus. Selain itu warga Desa Waru Barat juga mendukung riset ini.

Menurutnya, support dari warga Desa Waru Barat sangat penting demi terciptanya riset yang baik. "Mengingat potensi Pulau Madura yang sangat besar, tim UTM dan UGM akan fokus terhadap pengembangan sapi Madura dari hulu - hilir, mulai pembuatan pakan, distribusi termasuk outptunya, yaitu peningkatan ekonomi Madura," ujar Syarif.

Ke depan, riset ini akan ditindaklanjuti dengan mahasiswa yang sedang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) bertemakan sapi. Hal ini dalam rangka peningkatan kompetensi mahasiswa serta bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Simak berita selengkapnya ...