Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Widodaren Ngawi Gelar Tracing Warga Positif Covid-19

Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Widodaren Ngawi Gelar Tracing Warga Positif Covid-19 Anggota Babinsa bersama Satgas Covid-19 melakukan tracing ke warga.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka pencegahan penyebaran virus Covid-19, segala upaya dilakukan jajaran . Salah satunya dengan terus meningkatkan tracing kepada warga yang terkonfirmasi positif Covid 19, Minggu (29/08/2021).

Sesuai dengan arahan dari Komandan Kodim (Dandim) Ngawi bahwa ia meminta jajaran yang berada di bawahnya untuk terus memantau setiap perkembangan penyebaran virus Covid-19 di wilayah tugas masing-masing. Terutama di tempat tugas yang ditemukan warga sedang terpapar virus Covid-19.

Apabila di tempat tugas anggota Babinsa terdapat warga yang dinyatakan positif terpapar virus, harus secepatnya dilakukan tracing minimal 10 orang yang telah melakukan kontak erat.

Seperti kejadian pada hari Minggu (29/08), Serma Warsito, anggota Babinsa Widodaren yang sedang melakukan kegiatan tracing bersama Satgas Covid-19 kepada warga yang terkonfirmasi positif.

"Ini memang sangat perlu dilaksanakan. Penelusuran kontak erat atau tracing sama pentingnya dengan penerapan perilaku 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak)," jelasnya.

Selain penggalian data dan informasi terkait ada tidaknya keluarga, saudara atau orang lain yang melakukan kontak erat dengan yang bersangkutan, anggota Babinsa tersebut bersama Satgas Penanganan Covid-19 juga memberikan edukasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat dan protokol kesehatan dalam masa pandemi Covid-19.

Danramil Widodaren Kapten Cba Mubangit saat ditemui BANGSAONLINE.com menyampaikan bahwa peran dan fungsi Satgas Penanganan Covid-19 di tingkat desa/kelurahan, menjadi salah satu media penyampaian informasi dan edukasi tentang Covid-19.

Seperti yang dilakukan Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama Satgas Covid-19 tingkat desa yang gencar melaksanakan tracing terhadap warga terkait kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif. Kemudian menyampaikan agar tetap menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Kegiatan tracing dan testing ini terus dilakukan sebagai salah satu upaya pemutus rantai penularan Covid-19 dan cara edukasi ke masyarakat," pungkasnya. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO