Jawab PU 7 Fraksi DPRD, Bupati Gus Yani Siap Tindaklanjuti untuk Perbaikan Pemerintah Gresik Baru

Jawab PU 7 Fraksi DPRD, Bupati Gus Yani Siap Tindaklanjuti untuk Perbaikan Pemerintah Gresik Baru Bupati Gus Yani via virtual saat memberikan jawaban terhadap PU fraksi atas rankhir RPJMD 2021-2026. foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD menggelar rapat paripurna dengan agenda mendengar jawaban Bupati Fandi Akhmad Yani () atas Pandangan Umum (PU) Fraksi terhadap rencana akhir RPJMD 2021-2026.

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Ahmad Nurhamim, didampingi Nur Saidah, dan Mujid Riduan, Bupati memberikan jawabannya atas pandangan umum 7 fraksi, yakni FPKB, FPG, FGerindra, FNasdem, FPD, dan FAP melalui virtual.

Bupati mengaku siap menindaklanjuti masukan DPRD untuk perbaikan di bawah pemerintahan Baru. "Terima kasih atas apresiasi 7 Fraksi atas masukan dan saran dalam RPJMD 2021-2021 untuk perbaikan Pemerintah Baru," ucap .

Menurut bupati, terhadap PU FPKB, dan FPDIP bahwa program prioritas tertuang dalam Nawakarsa sebagai titik ungkit pembangunan menuju Baru.

"Dengan mekanisme budget follow program maka prioritas anggaran akan kita optimalkan pada program-program Nawakarsa untuk menyelesaikan permasalahan pembangunan yang nyata," katanya.

Dikatakan, dalam meningkatkan kinerja aparatur, peningkatan kapasitas sumber daya aparatur, sebagai langkah kunci untuk mewujudkan good and clean governance merupakan komitmen bersama.

"Untuk mewujudkan hal tersebut pengembangan sumber daya aparatur dilakukan dengan mengedepankan merit system, mengoptimalkan dan berinovasi dalam 8 area reformasi birokrasi, dan penguatan manajemen talenta," jelasnya.

Terkait proyeksi Dana Insentif Daerah (DID), kata , akan dioptimalkan berdasarkan target kinerja yang menjadi alokasi perhitungan mulai dari opini keuangan hingga inovasi pemerintah daerah.

"Jawaban ini sesuai dengan pandangan umum fraksi PKB, optimalisasi peran BUMD untuk mendukung pembangunan akan dioptimalkan dan dituangkan dalam RPJMD Kabupaten tahun 2021-2026," terangnya.

Pada kesempatan itu, mengucapkan terima kasih atas apresiasi Fraksi PKB yang diberikan untuk penanganan dan pengendalian banjir Kali Lamong.

"Kita bersama akan terus berjuang untuk mengentaskan permasalahan Kali Lamong dengan program Bebas Banjir," katanya.

Kemudian terkait pengembangan akhlakul karimah yang merupakan strategi pembangunan multidimensi sehingga perlu melibatkan aktor pembangunan secara inklusif mulai dari kiai, habaib, masyayikh, santri, pondok pensantren, lembaga keagamaan, dan berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya. Pemerintah daerah akan merangkul seluruh elemen untuk pembangunan Baru seutuhnya.

Menanggapi pandangan umum Fraksi Gerindra terkait keselarasan dan konsistensi RPJMD terhadap peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dilaksanakan, menyatakan bahwa pemerintah telah melalui proses pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan rancangan yang dilaksanakan mulai tahapan rancangan awal (ranwal) hingga rencana akhir (rankhir).

"Terkait pengembangan industri 4.0 memiliki titik ungkit dalam pengembangan teknologi informasi memunculkan era digital dengan grand scenario pemanfaatan internet of thing," tuturnya.

Di mana, lanjut bupati, Kabupaten harus mengambil bagian perkembangan ini sebagaimana telah dirumuskan dalam RPJMD melalui program prioritas seperti koridor investasi , pengembangan Jagoan melalui inkubasi bisnis start up pelaku usaha muda, maupun pengembangan creative hub dan coworking space (lingkup bisnis dan industri kreatif), serta pengembangan pedia, satu data kemiskinan (lingkup pelayanan publik).

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO