Rombongan Gajah tanpa Mada Pergi, Kampus Represif?

Rombongan Gajah tanpa Mada Pergi, Kampus Represif? Dahlan Iskan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Tulisan Dahlan Iskan kali ini terkesan tentang masalah ringan. Rombongan yang pergi ke utara. Jumlahnya 15 ekor.  Namun - itu jadi gunjingan di medsos. Tiap hari.

Lalu apa hubungannya dengan pemimpin yang kurang pengalaman? Silakan baca tulisan wartawan kondang itu di Disway, HARIAN BANGSA, dan BANGSAONLINE.com pagi ini, Kamis 1 Juli 2021. Selamat membaca:

INI bukan soal meme mahasiswa BEM UI dan UGM. Itu sangat serius. Ini soal sepele: soal tanpa Mada.

Gajah- itu meninggalkan mereka. Pertanyaannya: ke mana rombongan itu akan pergi. Mengapa mereka pergi. Lebih serius lagi: apakah ada represi di mereka sehingga mereka pergi.

Jumlah rombongan itu 15 ekor. Mereka terus berjalan beriringan ke arah utara. Pemerintah komunis Tiongkok tidak merepresi mereka. Gajah- itu dibiarkan saja. Ke mana pun mereka melangkah tidak dihalangi.

Pemerintah hanya memonitor pergerakan itu. Termasuk dari udara. 24 jam sehari. Dengan teknologi modern. Termasuk mengerahkan 14 buah drone.

Dari drone itu filmnya diunggah secara live. Disiarkan luas oleh medsos. Jadilah tontonan serial live yang mendemamkan di masyarakat. Tiap saat siaran live ini menjadi gunjingan di medsos.

Begitu jauh mereka melangkah. Sampai HUT ke-100 Partai Komunis Tiongkok tanggal 1 Juli, sudah 500 Km rombongan itu melakukan perjalanan.

Lebih sebulan lalu mereka meninggalkan habitat asal di dekat perbatasan Myanmar. Menuju Utara. Terus ke Utara.

Siaran live itu berubah menjadi menegangkan ketika 15 tersebut mendekati area perkampungan penduduk. Kian dekat. Tambah dekat. Ada kekhawatiran: jangan-jangan mereka akan mengamuk di kampung itu.

Berdasar siaran pergerakan itu pemerintah memberi tahu penduduk kampung. Terutama kampung yang jadi sasaran kabilah . Mereka diminta mengungsi. Mereka dilarang mengganggu. Apalagi melawan. Gajah adalah salah satu binatang yang membahayakan.

Sebagian penduduk mengungsi. Sebagian lagi tetap di rumah. Tetap bertani. Kampung itu di pegunungan. Di pinggir hutan. Kalau harus mengungsi jaraknya dengan kampung sebelah cukup jauh. Juga naik turun gunung.

Rombongan itu akhirnya benar-benar memasuki kampung. Petani setempat tidak takut. Mereka justru menyiapkan makanan untuk : nanas, jagung, dan sayuran.

Banyak sekali nanas di kawasan itu. Saya pernah melihat potensi nanas di kawasan dekat perbatasan Myanmar itu. Di Kabupaten Xi ShuangBanna–wilayah paling Selatan provinsi Yunnan, Tiongkok. Ada pabrik jus nanas di situ.

Di kampung itu tidak terjadi apa-apa. Tidak ada mengamuk. Mereka merasa sudah sangat kenyang.

Saya ingat rombongan Bonek ke Jakarta dulu. Yang mengamuk karena lapar. Mereka tidur nyenyak di di perjalanan berikutnya karena disediakan nasi bungkus yang cukup.

Setelah kenyang rombongan itu ke kolam pertanian. Mereka masuk ke air. Gembira ria di kolam berlumpur itu. Sawah petani banyak yang rusak secara tidak sengaja –dinjak-injak di sepanjang perjalanan ini.

Melihat wajah-wajah petani di situ saya ingat profil orang Dayak di Kalimantan. Ada kemiripan. Suku-suku asli di pegunungan Yunnan memang bukan suku Han –yang merupakan 80 persen penduduk Tiongkok. Suku Manchuria yang besar itu pun kini sudah hilang. Praktis sudah menyatu dan membaur dengan suku Han. Yang masih sedikit lebih eksis adalah suku Mongol yang di provinsi Mongolia Dalam. Tapi mereka juga sudah kian menyatu dengan suku Han.

Suku-suku asli pedalaman Yunnan ini banyak yang berani mendekat ke . Memberi mereka makanan. Tidak terlihat ada konflik antar manusia dan di sana.

Lihat juga video 'HEBOH, Sebuah Makam Tiba-Tiba Muncul di Pinggir Jalan Raya di Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO