Kamis, 29 Juli 2021 17:02

Mulai Dikerjakan, Penanggulan Kali Lamong di Cerme Gresik Dibangun di Lahan Kas Desa

Senin, 21 Juni 2021 15:56 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Mulai Dikerjakan, Penanggulan Kali Lamong  di Cerme Gresik Dibangun di Lahan Kas Desa
Ketua Komisi III DPRD Gresik Asroin Widiana bersama Sekretaris Abdullah Hamdi saat memberikan keterangan pers. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Balai Besar Wilayah Solo (BBWS) mulai mengerjakan proyek penanggulangan Kali Lamong di Desa Jono, Kecamatan Cerme. Proyek penanggulan ini melanjutkan groundbreaking pembangunan tanggul Kali Lamong yang dilakukan pada 25 Agustus 2020.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Komisi III DPRD Gresik Asroin Widiana. "Sudah. Saat ini penanggulan Kali Lamong sudah dimulai di Desa Jono, Kecamatan Cerme," ucap Asroin, didampingi Sekretaris Abdullah Hamdi saat memberikan keterangan pers, Senin (21/6/2021).

Menurut Asroin, penanggulan Kali Lamong ini sudah sesuai rencana, yakni dilakukan di tahun 2021 pasca groundbreaking pada tahun 2020 lalu. "Jadi, penanggulan Kali Lamong tahun ini merupakan kelanjutan," ujarnya.

Asroin menjelaskan bahwa penanggulan Kali Lamong saat ini dilakukan di lahan milik desa (kas desa) yang dipinjam, sambil menunggu lahan pengganti. "Nanti kalau lahan pengganti sudah ada, tinggal diganti," jelasnya.

BACA JUGA : 

Tahun Ini, Gresik Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Gandeng Bupati Gus Yani dan Wabup Bu Min, KWG Salurkan Bantuan Beras untuk Warga Terdampak Covid-19

Jelang Masuki Masa Pensiun, Kadinsos Gresik Maksimalkan Penuntasan Tugas Pelayanan Masyarakat

Percepat Herd Immunity, Bupati Gus Yani Latih 140 Nakes Hingga Siapkan Tempat Wisata untuk Vaksinasi

Dikatakan Asroin, saat ini yang perlu dikejar adalah nota kesepahaman (MoU) antara Gresik, Surabaya, dan Mojokerto, serta Lamongan untuk pembangunan Kali Lamong di wilayah masing-masing.

Saat ini, lanjutnya, baru Gresik yang membuat MoU. "Dalam pengerjaan Kali Lamong ini bahwa daerah (kabupaten dan kota) diberikan diskresi (kewenangan). Namun, kewenangan hanya sebatas mendatangkan alat berat untuk pengerukan dan kegiatan lain di luar penanggulan dan parapet," jalasnya.

"Jadi, kabupaten dan kota boleh melakukan pengerukan untuk penanganan Kali Lamong, selain pembuatan tanggul dan parapet," tegasnya.

Saat ini, tambah Asroin, yang perlu dikejar adalah Dinas Pertanahan (Distan) Kabupaten Gresik soal anggaran pembebasan lahan. "Pada APBD 2021 ada anggaran untuk pembebasan lahan Kali Lamong Rp 50 juta. Sementara di tahun 2021 hingga perubahan APBD akan dialokasikan Rp 150 miliar," kata Asroin.

Asroin mengungkapkan, pembebasan lahan Kali Lamong sepanjang 62 km dengan luas 282 hektare diestimasikan menelan anggaran Rp 800 miliar. Dari anggaran sebesar itu, Pemerintahan Gresik di bawah kepemimpinan Bupati Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) dan Wabup Aminatun Habibah (Bu Min) berencana mengalokasikan anggaran Rp 150 miliar tiap tahunnya.

"Sehingga diperkirakan pada Pemerintahan Gresik Baru periode satu ada sekitar Rp 450 miliar untuk pembebasan lahan Kali Lamong," pungkasnya. (hud/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...