Kamis, 29 Juli 2021 16:57

Prihatin OPD Tak Maksimal, Inilah PK Fraksi DPRD Gresik Terhadap LPjP APBD 2020

Senin, 21 Juni 2021 13:26 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Syuhud
Prihatin OPD Tak Maksimal, Inilah PK Fraksi DPRD Gresik Terhadap LPjP APBD 2020
DPRD Gresik saat menggelar paripurna PK terhadap LPjP APBD 2020. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - DPRD Gresik menggelar paripurna dengan agenda pandangan akhir (PA) dan pengambilan keputusan (PK) Fraksi terhadap Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan (LPjP) APBD 2020, di ruang paripurna, Senin (21/6/2021).

Paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Ahmad Nurhamim, didampingi Ketua Much Abdul Qodir. Dalam paripurna itu, PA dan PK 7 fraksi (F-PKB, F-Golkar, F-Gerindra, F-PDIP, F-Nasdem, F-PD, dan F-AP dibacakan secara full mandat oleh Muhammad Zaifudin (Fraksi Gerindra).

Pada rapat yang juga dihadiri Wabup Aminatun Habibah (Bu Min) dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara virtual (daring), fraksi-fraksi menyorot postur belanja APBD 2020, sektor pendapatan, serapan, dan capaian pembangunan di tahun 2020.

Zaifudin menyebutkan bahwa anggaran belanja APBD Gresik 2020 sebesar Rp 3,316 triliun. Namun, hanya terealisasi sebesar Rp 3,095 triliun atau 93,34 persen. Rinciannya, belanja tidak langsung sebesar Rp 2,030 triliun atau terealisasi 95 persen dari target sebesar Rp 2,144 triliun.

BACA JUGA : 

Tahun Ini, Gresik Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Jelang Masuki Masa Pensiun, Kadinsos Gresik Maksimalkan Penuntasan Tugas Pelayanan Masyarakat

Percepat Herd Immunity, Bupati Gus Yani Latih 140 Nakes Hingga Siapkan Tempat Wisata untuk Vaksinasi

IKAPTK Gresik Bantu 3 Ton Beras Untuk Warga Terdampak PPKM Covid-19

Kemudian belanja langsung dari rencana sebesar Rp 1,172 trilun terealisasi sebesar Rp 1,064 trilun atau 90,86 persen.

PA dan PK diawali oleh Fraksi PKB yang menyoroti serapan APBD, di mana setiap tahunnya tak sesuai kegiatan. "OPD setiap tahun melaksanakan kegiatan dan serapan anggaran menjelang akhir tahun, sehingga tak tepat waktu. Untuk itu, Fraksi PKB minta pemerintah yang baru membuat perencanaan yang matang, sehingga pelaksanaan dan serapan anggaran tertib dan tepat waktu," ujar Zaifudin membacakan PA F-PKB.

PKB juga meminta kegiatan ke depan bisa terschedule dengan baik, terutama lelang proyek. "Termasuk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang serapan anggarannya masih terjadi sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa). Ked epannya, harus lebih baik karena Gresik daerah berdekatan dan penyangga Surabaya," paparnya.

Selanjutnya Fraksi Nasdem, juga menyorot tidak maksimalnya OPD dalam menyerap anggaran. "Prihatin OPD tak maksimal dalam serapan anggaran. Terlebih, dalam kegiatan untuk kepentingan publik," katanya.

Nasdem juga menyoal tak terlaksananya rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 dengan baik. "Faktor pandemi Covid-19 mungkin salah satu penyebabnya," terangnya.

Kemudian Fraksi Gerindra dan menyoal masih tingginya Silpa dan adanya pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU) Rp 18 miliar untuk kelurahan.

Sementara Fraksi Golkar menyoroti sektor pendapatan yang tak tergarap dengan baik sehingga tak memenuhi target, "Misalnya parkir yang pendapatannya tak sesuai target," katanya.

Adapun Fraksi Amanat Pembangunan (FAP), Fraksi PDIP, dan Fraksi Demokrat menyorot masih tingginya angka Silpa, tak terpenuhinya target PAD, dan tak terserapnya anggaran Rp 18 miliar untuk kelurahan dari DAU.

Sementara Wabup Bu Min dalam sambutannya secara virtual menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD, fraksi, dan komisi atas pembahasan LPjP APBD tahun 2020 hingga disahkan.

Selanjutnya, Raperda LPjP 2020 akan disampaikan ke Gubernur Jatim untuk evaluasi dan ditetapkan menjadi Perda. "Kami berharap evaluasi tepat waktu," pungkasnya. (hud) 

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...