Kamis, 29 Juli 2021 07:09

Wujukan Kerukunan Antar Umat Beragama, Pemkot Madiun Gelar Sosialisasi Peningkatan Toleransi

Rabu, 16 Juni 2021 22:53 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Hendro Suhartono
Wujukan Kerukunan Antar Umat Beragama, Pemkot Madiun Gelar Sosialisasi Peningkatan Toleransi
Sosialisasi Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Dalam Kehidupan Beragama dihadiri 57 pemuka agama dan penghayat kepercayaaan.

KOTA MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka menjaga harmoni antar umat beragama, Pemerintah Kota Madiun melalui Bakesbangpol dan para pemuka agama menggelar acara bertajuk "Sosialisasi Peningkatan Toleransi dan Kerukunan Dalam Kehidupan Beragama" bertempat di Gedung Diklat Kota Madiun, Rabu (16/06/2021). Acara ini dihadiri 57 pemuka agama dan penghayat kepercayaaan.

"Kita harus selalu waspada dan tetap berusaha mencegah dan menanggulangi sikap-sikap intoleransi, radikalisme, dan ekstremisme ini. Dengan menghadirkan para pemuka agama ini agar memberikan pencerahan kepada masyarakat," jelas Wali Kota Madiun H. Maidi dalam sambutannya.

Maidi berharap kegiatan ini dapat mengikis benturan perbedaan agama sehingga tercipta hubungan antarumat beragama yang harmonis. Selain itu, kegiatan ini juga untuk mempertebal nilai-nilai pengamalan dari Pancasila, khususnya sila pertama serta ketiga.

"Beragama dan kerukunannya sudah diatur dan harus sesuai dengan dasar negara Pancasila. Adapun ancaman ekstremisme dan radikal terorisme yang selalu bermetamorfosis dalam banyak pola dengan mengusung isu-isu yang tidak sejalan dengan ideologi Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI, bisa segera teratasi," terang Maidi.

BACA JUGA : 

Resmikan RS Lapangan, Wali Kota Madiun Berharap Tak Pernah Digunakan

Cukupi Kebutuhan Warga Isoman, Pemkot Madiun Dirikan Dapur Umum di Lingkungan RT

Wali Kota Madiun Kembali Berangkatkan Bantuan Beras dari Bulog untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

BOR Tinggi, Pemkot Madiun Siapkan ​Asrama Haji dan Rusunawa Jadi RS Lapangan dan Tempat Isolasi

Acara ini menghadirkan sejumlah pemateri, antara lain Kasatintel Polres Madiun Kota AKP Indo Jacmiko. Indo menuturkan pentingnya menjaga toleransi antar suku dan antar umat beragama di negara yang berpenduduk 267 juta jiwa. Apabali toleransi terjaga, maka potensi konflik bisa diminimalisasi.

Ia menambahkan, bahwa semangat dan nilai-nilai persatuan di indonesia telah terbangun jauh sejak zaman kolonial. Di mana tiap suku dan agama bersatu dalam menggabungkan kekuatan untuk mengusir para penjajah. Hal ini yang kemudian menjadi modal untuk membangun bangsa yang besar, serta dihormati bangsa-bangsa lain di dunia.

"Tanpa perdamaian di masyarakat, sulit untuk mencapai kesejahteraan, peningkatan ekonomi, dan kestabilan politik. Untuk mencapai semua itu, diperlukan keharmonisan dan kerja sama sosial dalam bermasyarakat," jelas Indo.

Dalam kegiatan tersebut, juga hadir Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdyanto, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Madiun Tjatur Wahjoedianto, dan perwakilan pemuka agama se-Kota Madiun.(adv/dro/rev)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...