Kamis, 29 Juli 2021 16:10

Tak Terima Dikatakan Pekerjaan Rendahan, Pengemudi Ojol di Kediri Laporkan Akun Instagram ke Polisi

Kamis, 10 Juni 2021 17:15 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
Tak Terima Dikatakan Pekerjaan Rendahan, Pengemudi Ojol di Kediri Laporkan Akun Instagram ke Polisi
Hariyanti (49), salah satu pengemudi ojek online saat menunjukkan bukti komentar di slah satu akun instagram yang diduga ada unsur penghinaan. foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE,com - Bermula dari komentar di Instagram yang dinilai telah menyinggung profesi ojek online, 5 orang perwakilan dari Perkumpulan Pengemudi Ojek Online se-Kediri Raya mendatangi Polres Kediri Kota, Kamis (10/6). Mereka mengadukan salah satu akun Instagram yang dinilai telah merendahkan profesi pengemudi ojek online (ojol).

Dalam bukti yang ditunjukkan pelapor, bahwa akun Instagram itu menyebut pekerjaan pengemudi ojol adalah pekerjaan rendahan. Selain itu, juga ada kata-kata lainnya yang menyinggung pengemudi ojek online.

Hariyanti (49), salah satu pengemudi ojol mengatakan bahwa dirinya sebagai pengemudi ojek online merasa terhina dengan komentar salah satu pemilik akun di Instagram itu.

"Kami ingin melakukan klarifikasi terkait dengan dugaan ujaran kebencian yang dilontarkan akun instagram @diojeffryandy yang dianggap menghina profesi dari pengemudi ojek online," kata Hariyanti di Mapolres Kediri Kota, Kamis (10/6).

BACA JUGA : 

Respons Keluhan Ojol Saat Pandemi Covid-19, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin

IWNU dan LAZISNU Gresik Gandeng Dishub Bagikan 200 Paket Sembako ke Sopir Angkot, Ojol, dan PKL

Edarkan Ratusan Pil Dobel L, Dua Pria di Kediri Ditangkap Polisi

Polres Kediri Kota Distribusikan 2 Ton Beras dan 200 Paket Masker Kepada Komunitas Musik

Menurut Yanti, sapaan ibu berputra 2 orang itu, mestinya orang itu tidak menghina pekerjaan orang. Karena pekerjaan yang ditekuni ini adalah pekerjaan halal. "Jangan terlalu menghina pekerjaan oranglah, karena pekerjaan ini juga halal," imbuh Yanti.

Sementara itu, Arif Mei, pengemudi ojol lainnya berharap, pihak kepolisian bisa mengusut tuntas dugaan ujaran kebencian yang dilontarkan akun Instagram @diojeffryandy itu.

Arif meminta polisi agar perwakilan pengemudi ojek online bisa dipertemukan dengan pemilik akun Instagram tersebut untuk dilakukan klarifikasi, karena komentarnya dianggap sebagai bentuk pelecehan profesi.

Kejadian dugaan pelecehan profesi ini bermula, saat para pengemudi ojek online ini berkumpul untuk antre memesan makanan di restoran cepat saji McDonald's, Rabu (9/6) kemarin, yang akhirnya dibubarkan polisi.

Saat itu, beberapa pengemudi ojol ini sedang berfoto bareng dan diunggah di akun Instagram. Tiba-tiba akun atas nama @diojeffryandy berkomentar yang melecehkan profesi pengemudi ojek online tersebut. Dikatakan bahwa profesi ojek online itu pekerjaan rendahan.

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Kediri Kota AKP Ni Ketut Suarningsih melalui Paur Humas Iptu Henry Mudi Yuwono, mengatakan bahwa para pengemudi ojek online tersebut masih sebatas konsultasi. (uji/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...