Sabtu, 19 Juni 2021 19:38

BPN Gresik Berharap Lahan 4,5 Ha untuk Normalisasi Kali Lamong Sudah Bisa Diukur Bulan Depan

Jumat, 14 Mei 2021 21:34 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Syuhud
BPN Gresik Berharap Lahan 4,5 Ha untuk Normalisasi Kali Lamong Sudah Bisa Diukur Bulan Depan
Peta lokasi Kali Lamong di Desa Jono Kecamatan Cerme yang akan dilakukan penanggulan. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala ATR/BPN Gresik Asep Heri berharap lahan untuk penanggulan Kali Lamong seluas 4,5 hektare di 4 desa di Kecamatan Cerme sudah bisa mulai dilakukan pengukuran bulan Juni-Juli mendatang.

Diketahui, lahan itu berada di Desa Jono, Tambakberas, Putatlor, dan Morowudi Kecamatan Cerme. "Sehingga setelah penlok (penetapan lokasi), ATR/Badan Pertanahan Nasional (BPN) pada bulan Juni-Juli sudah bisa dilakukan pengukuran, kemudian sudah bisa dilakukan pembayaran," ujar Asep Heri kepada BANGSAONLINE.com.

Menurutnya, pengukuran di bulan Juni-Juli adalah waktu yang tepat, karena masih musim kemarau. "Sebab, kalau lahan yang telah dipenlok terendam air Kali Lamong, akan sulit dilakukan pengukuran," terangnya.

Asep menambahkan, bahwa petugas ATR/BPR Gresik sudah siap melakukan pengukuran tanah yang telah masuk penlok untuk proyek penanggulan Kali Lamong. "Sejauh ini kami masih menunggu kesiapan Pemkab Gresik," bebernya.

BACA JUGA : 

Bupati Gresik Dorong Daerah Terkait Bersinergi Tuntaskan Penanganan Kali Lamong

Tunggu Pengukuran Lahan dari BPN, Progres Penanganan Kali Lamong Masuki Tahap Awal Pembebasan Lahan

Penanggulan Kali Lamong Segera Dimulai, Penlok Lahan 4,5 Hektare Rampung

Normalisasi Kali Lamong, Tahun ini, Pemkab Gresik Mulai Lakukan Penlok

Sementara Kepala Distan Gresik, Sutaji Rudi mengaku telah mengirimkan data calon lahan yang akan digunakan untuk penanggulan Kali Lamong seluas 4,5 hektare tersebut ke BPN.

"Lahan yang telah selesai kami penlok sudah dikirim ke BPN Jatim untuk pengukuran. Setelah dilakukan pengukuran, langsung dilakukan pembayaran," katanya.

Nantinya setelah dibayar, lanjut Rudi, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) akan langsung melakukan penanggulan. Untuk penanggulan tahun ini sudah ada plotting anggaran Rp 98 miliar dari pemerintahan pusat melalui BBWS.

Bahkan, tambah Rudi, pemenang lelang untuk pembangunan tanggul Kali Lamong yang melintas di 4 desa itu sudah ada. "Setelah pembayaran ganti rugi rampung, BBWS langsung melakukan penanggulan dengan anggaran BBWS Rp 98 miliar yang dilakukan oleh pemenang lelang," terangnya.

Sekadar diketahui, pembangunan tanggul dan normalisasi Kali Lamong yang melintas di wilayah Kabupaten Gresik sepanjang 62 kilometer (km) membutuhkan lahan sekira 282 hektare. Untuk pembebasan lahan seluas itu dibutuhkan anggaran sekira Rp 800 miliar dari APBD Gresik. Sementara untuk normalisasinya menjadi wewenang BBWS. (hud)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...