Emil Dardak dan Bayu Airlangga Kandidat Kuat Ketua DPD Demokrat Jatim

Emil Dardak dan Bayu Airlangga Kandidat Kuat Ketua DPD Demokrat Jatim H. Samwil, S.H.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepala Biro Komunikasi Masyarakat DPD Jatim H. Samwil, S.H., mengungkapkan ada dua nama kandidat calon kuat Ketua DPD Jatim menjelang digelarnya musyawarah daerah (musda) 2021 yang rencananya dihelat bulan Juli-Agustus.

Yakni, Emil Elistianto Dardak yang sekarang menjabat Plt (pelaksana tugas) Ketua DPD Jatim dan Wakil Gubernur Jatim, serta , Sekretaris DPD Jatim yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim.

"Saat ini sudah mengerucut dua nama kandidat kuat DPD Jatim, Pak Emil dan Mas ," ujar Samwil kepada BANGSAONLINE.com, Minggu (9/5/2021) malam.

Menurut Samwil, proses pemilihan Ketua dalam musda dimulai dari pengusulan nama kandidat oleh pengurus tingkat bawah dalam hal ini DPC-DPC, untuk diajukan ke DPP melalui DPD.

Karena itu sebelum Musda Jawa Timur berlangsung, DPC-DPC di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur akan mengusulkan nama calon ketua ke DPD Jatim.

"Sesuai dengan mekanisme DPP, bahwa dalam Musda yang punya hak prerogatif untuk menentukan sebagai ketua hasil Musda adalah DPP. Karena itu, DPD diminta agar menyetorkan nama-nama calon. Minimal ada 2 nama calon Ketua yang diusulkan ke DPP, " terang Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur ini.

"Jadi, siapa yang akan dipilih terserah DPP. Hak prerogatif DPP," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO