Sabtu, 19 Juni 2021 19:50

Mbah War, Sang Maestro Biola Asal Kediri itu Meninggal Dunia

Rabu, 28 April 2021 14:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Mbah War, Sang Maestro Biola Asal Kediri itu Meninggal Dunia
Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto ketika membesuk Mbah War, Jumat (9/4) lalu. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Para seniman dan pegiat budaya di Kediri berduka. Mbah War (75), seorang seniman senior di Kediri telah berpulang. Kabar meninggalnya sang maestro biola bernama Warsidi ini pertama kali disampaikan oleh sahabatnya, Abah Banjaran, yang mengunggah foto Mbah War dan ucapan belasungkawa di Facebook, Rabu (27/4).

Abah Banjaran, menyampaikan bahwa Mbah War meninggal di RS Gambiran Kota Kediri, Rabu (27/4) siang, setelah menjalani perawatan karena sakit.

Yogi, sahabat Mbah War yang lain, menceritakan bahwa semalam ia masih berkirim pesan dengan Mbah War melalui WhatsApp. Menurutnya, saat itu Mbah War minta dibawakan kabel listrik untuk mengecas HP.

"Selamat jalan, Mbah. Semoga penjenengan husnul khotimah," ujar Yogi.

BACA JUGA : 

Hujan dan Angin Landa Kediri, Pohon Trembesi Besar Tumbang Timpa Tiga Warung

Wali Kota Kediri Ajak Forkopimda Sinergi Tekan Penyebaran Covid-19

Tekan Laju Corona, Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri Terus Lakukan Tracing

Baru 6 Bulan Jalan, Pucuk Pimpinan Polres Kediri Kota Resmi Berganti

Sebelumnya, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto juga telah membesuk sang maestro biola tersebut di rumah keponakannya, Lingkungan Ngadirejo, Kecamatan Kota Kediri, Jum'at (9/4) lalu.

Bahkan, Dodi Purwanto-lah yang merayu Mbah War agar bersedia di rawat di rumah sakit. Ketika bertemu dengan Mbah War, Dodi merasa khawatir dengan kondisi kesehatan musisi senior tersebut, karena yang bersangkutan awalnya menolak untuk dibawa ke rumah sakit (RS).

Setelah mendapat kunjungan dari Ketua DPRD Kabupaten Kediri, tim medis dari Home Care Peduli RSUD Gambiran Kota Kediri langsung melakukan penjemputan kepada Mbah War guna menjalani perawatan. Namun sayang, nyawanya tak tertolong. Mbah War mengembuskan napas terakhirnya di RS. Gambiran.

Di mata Dodi Purwanto, Mbah War adalah seniman senior fenomenal. "Dia adalah sosok seniman 3 dekade. Saya mengenal beliaunya itu mulai tahun 1987, beliaunya tampil. Terus kami pernah ngopi bareng di tahun 1990 hingga sampai sekarang. Beliaunya memang dari dulu seniman musik biola," ujar pria yang juga Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kediri ini.

Sekadar informasi, Mbah War atau Warsidi lahir di Kediri, 9 April 1951. Mbah War adalah salah satu pendiri Kelompok Musik Allegro, yang sering tampil di acara-acara baik di gedung maupun di hotel.

Termasuk tampil ketika diundang untuk mengisi sebuah acara. Mbah War adalah seorang musisi senior yang pantang untuk mengamen di jalanan.

Semasa hidupnya, Mbah War juga pernah menjadi anggota Dewan Kesenian Kota Kediri (DK3). Almarhum termasuk orang yang cepat akrab dengan siapa pun yang baru dikenalnya. (uji/rev)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...