BPBD Pamekasan Latih Adik-adik Pramuka Penanggulangan Bencana

BPBD Pamekasan Latih Adik-adik Pramuka Penanggulangan Bencana Supervisor BPBD Kabupaten Pamekasan saat memberikan pelatihan penanggulangan bencana kepada adik-adik pramuka.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan memberikan pelatihan penanggulangan bencana berbasis masyarakat kepada adik-adik pramuka di Yayasan Darul Ulum, Desa Polagan, Kecamatan Galis. Kegiatan yang dikemas dalam Latihan Kepemimpinan Pramuka (Lapinka) IAIN Madura ini dilaksanakan selama 3 hari, yakni tanggal 23-25 April 2021.

Ada 30 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Mereka mendapatkan pemaparan materi dari narasumber yang sangat berkompeten dalam bidang penanganan bencana, yakni Supervisor , Budi Cahyono.

"Materi yang diberikan kepada adik-adik pramuka ini adalah penanggulangan bencana berbasis masyarakat. Sesuai UU no 24. tahun 2007, bahwa penanggulangan bencana adalah urusan bersama dan menjadi tanggung jawab semua warga negara," ujar Budi Cahyono ditemui di sela-sela pelatihan, Sabtu (24/04/21).

Melalui pelatihan ini, ia berharap masyarakat bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, serta dapat mengambil peran dalam kesiapsiagaan diri maupun keluarga.

Menurut Budi, masyarakat bisa dikatakan tangguh jika paham akan karateristik bencana. Dengan begitu, masyarakat tahu harus berbuat apa ketika terjadi bencana. "Masyarakat bisa paham dan tahu cara menyelamatkan diri, mampu beradaptasi, dan mampu bangun dengan mandiri," katnya.

"Keselamatan masyarakat adalah hal yang utama, maka dari itu sudah waktunya merubah paradigma penanggulangan bencana dari tanggap darurat pada kesiapsiagaan. Masyarakat tangguh adalah masyarakat yang mampu hidup berdampingan dengan bencana (living harmony with disaster)," terangnya. (yen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO