Pemkot Surabaya Lakukan Sweeping Vaksin Pada Lansia

Pemkot Surabaya Lakukan Sweeping Vaksin Pada Lansia Petugas lakukan sweeping di rumah-rumah penduduk, dengan target lansia yang belum divaksin.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan berbagai inovasi agar vaksinasi Covid-19 semakin masif diterima kalangan lanjut usia (lansia). Kali ini, petugas melakukan jemput bola atau mendatangi rumah lansia satu per satu untuk disuntik vaksin.

Kepala Dinkes Kota Febria Rachamanita mengatakan, jemput bola atau sweeping lansia ini sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu dan masih akan terus berjalan. “Ini upaya yang kami lakukan agar seluruh lansia mendapatkan vaksin. Jangan ada yang tertinggal,” kata Febria Rachmanita, Sabtu (10/4/2021).

Dirinya menambahkan, lansia yang disuntik vaksin di masing-masing rumahnya karena yang bersangkutan tidak dapat datang ke puskesmas. Ketidakhadiran lansia itu disebabkan karena lansia takut, tidak boleh anaknya, atau tengah menderita penyakit (komorbid).

“Jadi dengan begitu kami door to door ke rumah lansia. Alhamdulillah setelah kami datangi, mereka tidak mengalami penolakan. Kami lakukan pendekatan humanis sehingga lansia berkenan suntik,” lanjut dia.

Dia berharap, ke depan RT/RW yang memiliki lansia yang belum divaksin bergotong-royong membantu mencari cara alternatif dengan menggunakan pendekatan humanis. Sehingga mereka bersedia divaksin.

Feny, sapaan kepala dinkes, mencatat jumlah lansia yang telah menerima vaksin sebanyak 30.506 orang. Dia memastikan vaksinasi untuk lansia terus berlanjut setiap harinya di 63 puskesmas yang tersebar se-. (dra/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO