Kamis, 15 April 2021 03:17

Pemkab-DPRD Gresik Berencana Anggarkan Rp 150 M per Tahun untuk Penanganan Kali Lamong

Jumat, 09 April 2021 15:36 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Syuhud
Pemkab-DPRD Gresik Berencana Anggarkan Rp 150 M per Tahun untuk Penanganan Kali Lamong
Kondisi banjir luapan Kali Lamong yang merendam salah satu desa. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Masyarakat di Gresik Selatan menaruh harapan besar kepada  Pemkab dan DPRD Gresik agar cepat menuntaskan Kali Lamong supaya tak kembali meluap. Mereka sangat berharap program normalisasi Kali Lamong bisa dimulai pada tahun 2021 ini.

"Kapan lur (saudara) (normalisasi) Kali Lamong mulai dikerjakan," kata Subari, warga Desa Boteng Kecamatan Menganti kepada BANGSAONLINE.com, Jumat (9/4/2021).

Subari sangat berharap Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) bisa membuktikan janjinya dalam menangani banjir Kali Lamong. Sebab, pria yang berprofesi sebagai petani ini mengaku selalu terdampak saat Kali Lamong meluap. Areal persawahan miliknya selalu terendam. Dampaknya, gagal panen.

"Mudah-mudahan tahun depan areal sawah saya tak kebanjiran lagi, termasuk desa-desa di Kecamatan Menganti dan sekitarnya," katanya.

BACA JUGA : 

Bupati Gresik Matangkan Program UHC, Berobat Cukup dengan KTP

456 Jabatan Eselon IV di Pemkab Gresik Dihilangkan

Gerak Cepat, Tim URC Bima DPUTR Gresik Perbaiki Kerusakan JPD Gredek-Sumari Duduksampeyan

Selain PDAM, Sejumlah Anggota DPRD Gresik Periode 2009-2014 dan 2014-2019 Diduga Masuk Radar KPK

"Mudah-mudahan tahun depan areal sawah saya tak kebanjiran lagi, termasuk desa-desa di Kecamatan Menganti dan sekitarnya," katanya.

Sementara Ketua Komisi III DPRD Gresik, Asroin Widiyana mengungkapkan, bahwa dewan dan pemkab sudah melakukan pembicaraan awal untuk penanganan Kali Lamong.

"Sudah ada pembicaraan antara DPRD dan eksekutif ke arah sana. Ada anggaran Rp 150 miliar setiap tahun pembahasan APBD Gresik," terang Anggota Fraksi Golkar ini. Kata dia, plotting anggaran itu juga akan dirumuskan dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026.

Asroin, yang juga aggota badan anggaran (Banggar) DPRD ini lebih jauh menjelaskan, bahwa anggaran Rp 150 miliar tersebut akan digunakan untuk pengadaan (pembebasan) lahan untuk normalisasi Kali Lamong.

Sehingga, dalam kurun waktu 3 tahun Pemerintahan Gresik Baru di bawah kepemimpinan Bupati dan Wabup Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) - Wabup Aminatun Habibah (Bu Min) ada alokasi anggaran dari APBD Gresik tahun 2021-2024 sekitar 450 miliar untuk penanganan Kali Lamong.

"Tentunya anggaran itu belum cukup, kerena pembebasan lahan untuk Kali Lamong direncanakan mencapai Rp 800 miliar," pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Gus Yani sendiri dalam sejumlah kesempatan menyatakan bahwa penanganan Kali Lamong akan dimulai bulan April tahun 2021. "Bulan April kita mulai dengan pembebasan lahan," katanya.

Sementara untuk penanggulan Kali Lamong akan dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian PUPR. "Untuk tahun ini direncanakan ada anggaran sekira Rp 100 miliar untuk penanggulan Kali Lamong," terangnya.

Ditambahkan Gus Yani, pada APBD 2021 juga telah dialokasikan angggaran Rp 50 miliar untuk pembebasan lahan. Rinciannya, Rp 30 miliar untuk Kali Lamong, Rp 10 miliar untuk Waduk Sukodono Kecamatan Ujungpangkah, dan Rp 10 miliar untuk pengurusan sertifikat, dan kebutuhan pendukung lain. (hud/rev)

Kecelakaan di Jemursari Surabaya, Mobil Kijang Innova Terguling Masuk Sungai
Rabu, 14 April 2021 22:12 WIB
SURABAYA, BANGASONLINE.COM - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Jemursari, Surabaya. Sebuah mobil Toyota Kijang Innova nopol N 371 VA terjun ke sungai Jemursari hingga terguling.Peristiwa ini terjadi Rabu (14/4) petang sekira pukul 18.15 WIB, t...
Minggu, 11 April 2021 18:27 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mulai Sabtu (10/4) kemarin melakukan uji coba pembukaan tempat wisata andalan Kabupaten Kediri. Di antaranya Wisata Besuki Irenggolo yang te...
Rabu, 14 April 2021 05:44 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini fenomena menarik. Ternyata dimatikannya Vaksin Nusantara justru memantik kepercayaan para tokoh nasional, dokter, dan para anggota DPR RI. Mereka ramai-ramai antre untuk Vaksin Nusantara. Benarkah mereka leb...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Jumat, 09 April 2021 09:59 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...