Setahun Ditutup Akibat Pandemi, Wisata Gunung Kelud Siap Dibuka Kembali

Setahun Ditutup Akibat Pandemi, Wisata Gunung Kelud Siap Dibuka Kembali Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana ketika berada di area Kawah Gunung Kelud. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memastikan bahwa objek Wisata di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri siap dibuka untuk masyarakat umum.

Kabar akan dibukanya Wisata itu disampaikan oleh Mas Bup Dhito, sapaan akrabnya, ketika mengunjungi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Kediri tersebut, Sabtu (3/4/2021) kemarin.

"Ya, ini kabar baik bagi para pelaku industri di sektor wisata Kabupaten Kediri," kata Mas Bup Dhito kepada wartawan usai mengunjungi Kawah .

Menurut Mas Bup, Wisata memiliki potensi daya tarik wisata bagi wisatawan. Namun, seperti diketahui kawasan wisata ini sudah setahun ditutup akibat pandemi.

"Saya telah berdiskusi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Satgas Covid-19 Kediri untuk mulai melakukan relaksasi tempat wisata, kita akan buka dalam waktu dekat," imbuh putra Mensekkab Pramono Anung itu.

Dia mengungkapkan, untuk tanggal dibuka pun masih dikomunikasikan dengan dinas terkait. Apalagi, pihaknya juga sempat berdialog dengan warga sekitar. Umumnya, mereka ini menggantungkan hidup di sektor pariwisata ini.

Mas Bup Dhito juga memberikan penjelasan kepada belasan tukang ojek. Tujuannya, agar mereka bersabar karena kawasan wisata tersebut akan segera dibuka dalam waktu dekat ini.

Abdul Rokhim, salah seorang warga dan sekaligus Penjaga Kawah mengaku sangat senang dengan adanya informasi bahwa mau dibuka. "Selama pandemi ini, Kelud memang tidak dibuka untuk pengunjung. Ini juga seiring adanya imbauan pemerintah soal protokol kesehatan," katanya.

Perlu diketahui, beberapa tempat wisata di Kabupaten Kediri kini terus melakukan persiapan untuk membuka kembali layanan dan operasionalnya. Salah satunya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Setiap pengunjung, nantinya harus mematuhi protokol kesehatan, utamanya harus pakai masker, tidak berkerumun, dan cuci tangan. (uji/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO