Jumat, 07 Mei 2021 23:33

Setahun Ditutup Akibat Pandemi, Wisata Gunung Kelud Siap Dibuka Kembali

Minggu, 04 April 2021 12:52 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Muji Harjita
Setahun Ditutup Akibat Pandemi, Wisata Gunung Kelud Siap Dibuka Kembali
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana ketika berada di area Kawah Gunung Kelud. (foto: ist)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memastikan bahwa objek Wisata Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri siap dibuka untuk masyarakat umum.

Kabar akan dibukanya Wisata Gunung Kelud itu disampaikan oleh Mas Bup Dhito, sapaan akrabnya, ketika mengunjungi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Kediri tersebut, Sabtu (3/4/2021) kemarin.

"Ya, ini kabar baik bagi para pelaku industri di sektor wisata Kabupaten Kediri," kata Mas Bup Dhito kepada wartawan usai mengunjungi Kawah Gunung Kelud.

Menurut Mas Bup, Wisata Gunung Kelud memiliki potensi daya tarik wisata bagi wisatawan. Namun, seperti diketahui kawasan wisata ini sudah setahun ditutup akibat pandemi.

BACA JUGA : 

Bahas Kerja Sama Sektor Wisata, Bupati Kediri dan Bupati Trenggalek Bakal Siapkan Diskon

Gelar Musrenbang, Pemkab Kediri Susun Strategi Bersaing Level Nasional

Mas Bup Dhito Jadi Inspektur Upacara Apel Pergeseran Pasukan Operasi Ketupat 2021

​Pemdes Kwadungan Kediri Siapkan Tempat Isolasi bagi yang Nekat Mudik

"Saya telah berdiskusi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan Satgas Covid-19 Kediri untuk mulai melakukan relaksasi tempat wisata, kita akan buka dalam waktu dekat," imbuh putra Mensekkab Pramono Anung itu.

Dia mengungkapkan, untuk tanggal dibuka pun masih dikomunikasikan dengan dinas terkait. Apalagi, pihaknya juga sempat berdialog dengan warga sekitar. Umumnya, mereka ini menggantungkan hidup di sektor pariwisata Gunung Kelud ini.

Mas Bup Dhito juga memberikan penjelasan kepada belasan tukang ojek. Tujuannya, agar mereka bersabar karena kawasan wisata tersebut akan segera dibuka dalam waktu dekat ini.

Abdul Rokhim, salah seorang warga dan sekaligus Penjaga Kawah Gunung Kelud mengaku sangat senang dengan adanya informasi bahwa Gunung Kelud mau dibuka. "Selama pandemi ini, Kelud memang tidak dibuka untuk pengunjung. Ini juga seiring adanya imbauan pemerintah soal protokol kesehatan," katanya.

Perlu diketahui, beberapa tempat wisata di Kabupaten Kediri kini terus melakukan persiapan untuk membuka kembali layanan dan operasionalnya. Salah satunya, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Setiap pengunjung, nantinya harus mematuhi protokol kesehatan, utamanya harus pakai masker, tidak berkerumun, dan cuci tangan. (uji/zar)

Suami Takut Istri
Kamis, 06 Mei 2021 18:19 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dalam seminar bertema gender, Gus Dur ditanya seorang peserta. Pertanyaannya sangat sensitif dan pribadi. “Gus, katanya beberapa kiai juga takut pada istri. Apa Gus Dur juga takut pada istri?,” tanya orang itu....
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Jumat, 07 Mei 2021 06:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wartawan kondang Dahlan Iskan mencatat dua waswas setelah pengumuman pertumbuhan ekonomi triwulan pertama 2021 ternyata minus hampir 1 persen.Apa saja? Silakan baca tulisan wartawan kawakan itu di HARIAN BANGSA dan BANGSA...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Jumat, 07 Mei 2021 10:42 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...