Baru Diresmikan, Embung Welulang Miliki Banyak Manfaat bagi Masyarakat Lumbang Pasuruan

Baru Diresmikan, Embung Welulang Miliki Banyak Manfaat bagi Masyarakat Lumbang Pasuruan Bupati Pasuruan saat meresmikan Embung Welulang.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Embung Welulang,, Kabupaten yang baru diresmikan oleh Bupati pada Rabu (31/3/21) kemarin, ternyata memiliki beberapa manfaat bagi masyarakat setempat.

Selain untuk menanggulangi debit air dari hulu yang mengakibatkan banjir, embung yang dibangun melalui dana sharing antara pusat dan daerah ini juga berfungsi untuk konservasi dan penyediaan air bersih bagi masyarakat.

Selain itu, embung juga bisa dimanfaatkan untuk irigasi dan kebutuhan air bagi warga. Dari perhitungan teknis, Embung Welulang diproyeksikan bisa menampung air hingga 250 ribu meter kubik.

Menurut keterangan Kepala Dinas Sumberdaya Air dan Tata Ruang Kabupaten Ir Misbah Zunib, anggaran untuk pembangunan embung lumayan besar. Pertama, untuk pengadaan tanah Rp 4 miliar yang bersumber dari APBD. Sedangkan dari pusat melalui BBWS Brantas Rp 8 miliar untuk penanganan fisik.

Embung Welulang yang berdiri di atas lahan seluas 4,571 Ha sejatinya sudah rampung dibangun pada 2020 silam. Namun karena ada pandemi, maka diundur pada tahun 2021 bersamaan dengan peringatan hari air sedunia. “Fungsi lain dari embung diharapkan bisa mengurangi debit air yang menyebabkan banjir,” tuturnya kepada BANGSAONLINE.com.

Selain pejabat pemkab, kemarin juga dihadiri Forkopimda , perwakilan BBWS Brantas, perwakilan PU Sumber Daya Air Provinsi Jatim, serta kepala Dinas PU Sumber daya Air Kabupaten .

Pemkab juga memiliki beberapa embung yang tersebar di beberapa wilayah. Di antaranya, Embung Mbiting di Desa Sukoreno Kecamatan Sukorejo, Embung Kertosari Kecamatan Purwosari, Embung Kedungbanteng Kecamatan Rembang, Embung Krikilan Kecamatan Kejayan, Embung Kalisat Kecamatan Rembang, serta Embung Sanganom Kecamatan Nguling.

Pemkab kini juga masih berusaha untuk menambah embung baru lagi yang lokasinya di Desa Ampelsari, Kecamatan Pasrepan. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO