Jumat, 23 April 2021 01:06

​SIG Support Penuh 269 Program Pemberdayaan Masyarakat di Tuban

Kamis, 25 Februari 2021 23:00 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​SIG Support Penuh 269 Program Pemberdayaan Masyarakat di Tuban
Salah satu program pemberdayaan masyarakat.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban mengajak lapisan masyarakat meninjau langsung program Corporate Social Responcibility (CSR) yang diterima warga di sejumlah desa di Kecamatan Merakurak, Kerek, dan Jenu, Kabupaten Tuban, Rabu (24/2/2021).

Monitoring dan evaluasi program pemberdayaan itu dilakukan untuk melihat sejauh mana progres perkembangan dari program CSR perusahaan yang diterima masyarakat.

GM of Corporate Communication PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Fardhi Sjahrul Ade mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah menjaga transparansi pelaksanaan CSR perusahaan kepada instansi maupun unsur masyarakat.

Untuk itu, dalam melakukan monitoring dan evaluasinya, SIG Pabrik Tuban selalu melibatkan dari eksternal perusahaan yang kompeten.

BACA JUGA : 

SIG Berikan Bantuan Pembangunan Ponpes Tahfidz Al-Quran di Mojokerto

Polda Jatim dan PT. Semen Indonesia Siap Kerja Sama Jaga Ketersediaan dan Stabilitas Harga Semen

SIG Berikan Pelatihan Menjahit dan Beternak Warga Gresik dan Rembang

Cek Pabrik Pupuk Organik Terkait Dugaan Pencemaran Udara, DLH Kediri Segera Turunkan Tim

“Tujuan kami dalam melibatkan dari berbagai unsur dalam monitoring ini agar masyarakat benar-benar mengetahui secara langsung program-program CSR Semen Indonesia yang digelontorkan di wilayah sekitar dan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," ujarnya.

Dirinya menambahkan, tahun ini sebanyak 269 kegiatan pemberdayaan masyarakat yang di-support oleh perusahaan. Rinciannya, klaster pertanian 25 program, ternak kambing 84 program, unggas 60 program, dan ikan 24 program. Selain itu, ada klaster irigasi 7 program, kuliner 29 program, konveksi 26 program, dan klaster usaha kreatif 14 program.

"Program pemberdayaan tahun ini sebesar Rp 7,1 miliar dan disalurkan melalui Forum Masyarakat Kokoh (FMK). Tentunya, dengan upaya dari perusahaan ini, penerima program dapat melaksanakan dengan sungguh-sungguh dan mengembangkannya hingga dapat mandiri serta menyerap banyak tenaga kerja," imbuhnya.

Saat meninjau salah satu penerima program, anggota DPRD Tuban, Fahmi Fikroni mengungkapkan, sebagai perusahaan yang keberadaannya di tengah-tengah masyarakat, program pemberdayaan yang dilakukan Semen Indonesia sudah cukup baik. Beberapa kegiatan pemberdayaan juga sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat secara langsung.

“Secara langsung warga yang terlibat dalam pemberdayaan memiliki nilai tambah, kami tadi memonitor secara langsung kepada warga yang menerima manfaat program ini. Program berjalan dengan baik dan dapat membantu ekonomi ditengan pandemi Covid-19,” ujar Ketua Komisi 1 DPRD Tuban tersebut.

Lebih lanjut, politisi PKB itu juga menilai pengelolaan program CSR yang dijalankan perusahaan sudah cukup transparan dan dapat diketahui oleh masyarakat luas. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan monitoring yang melibatkan sejumlah stakeholder serta unsur masyarakat, termasuk media, anggota dewan, bappeda, dan akademisi.

“Kami acungi jempol soal transparansi, terbukti ada anggota dewan, ada media, Bappeda, pihak desa, dan akademisi, terlibat dalam monitoring. Artinya, Semen Indonesia ingin transparan dalam program pemberdayaan masyarakat, dananya berapa dan untuk apa saja tidak di tutupi,” ungkap Fikroni.

Fikroni berharap pemerintah hadir dalam pemberdayaan ini. Pasalnya, embrio pemberdayaan telah dimulai oleh Semen Indonesia.

“Pemerintah harus hadir dalam mempermudah perizinan, membantu pemasaran, dan berbagai hal yang dapat membantu kemajuan pemberdayaan ini. Ini kita harus bersama-sama dalam memajukan pemberdayaan masyarakat ini. Akan sulit berhasil jika perusahaan, masyarakat dan unsur-unsur lain jalan sendiri-sendiri,” ujarnya. (gun/ian)

​Cendekiawan Muslim tak Tahu Jumlah Juz Al-Quran
Rabu, 21 April 2021 22:01 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 10 ini bercerita tentang seorang menteri yang juga pengurus organisasi cendekiawan muslim. M Mas’ud Adnan - narator anekdot Gus Dur - bercerita bahwa pada akhir kekuasaan ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...