Al-Qur'an Raksasa di Sidoarjo Akhirnya Dimusnahkan

Al-Qur Pengurus MUI Sidoarjo, Forpimka Porong, para huffadz dan awak media menyaksikan pembakaran mushaf, kemarin. Foto : nanang ichwan/BangsaOnline.com

SIDOARJO (BangsaOnline) - Akhirnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sidoarjo membakar Mushafatau lampiran Al-Qur’an raksasa yang dibeli dari seseorang seharga Rp 40 juta oleh Anang Asriyanto (38) warga Dusun Glagah Desa Glagah Harum Kecamatan Porong. Sebelum dibakar, Al-Qur’an terlebih dulu dipotong-potong ukuran 1 cm agar proses pembakarannya tidak ada yang tersisa atau ludes. Pembakarannya dilakukan di halaman belakang Sekretariat MUI Sidoarjo yang berada di Jl Pahlawan, Sabtu (14/02).

Pembakaran Al-Qur’an dihadiri oleh seluruh pengurus MUI Sidoarjo, Forpimka Porong, para huffadz dan awak media. Al-Qur’an raksasa tersebut dikatakan Mushaf Glagah Harum supaya tidak menimbulkan persepsi yang tidak diinginkan. Sebab, pengurus MUI Sidoarjo mendapatkan saran dari MUI Jatim dan MUI Pusat agar dinamakan Mushaf Glagah Harum. Disamping itu, MUI Sidoarjo juga mendapatkan kritikan dari beberapa kalangan yang menyoal Al-Qur’an dibakar. Maka disepakati dinamakan Mushaf Glagah Harum.

Ketua MUI Sidoarjo, KH Usman Bahri menegaskan, Alquran raksasa yang pengakuannya ditemukan secara gaib, ternyata bohong karena hasil membeli. Selain itu, benda tersebut bukan Al-Qur’an melainkan Mushaf atau lampiran. Sebab setiap barisnya terdapat banyak kesalahan.

“Setiap 5 titik terdapat kesalahan seperti, harokat, panjang pendeknya, penambahan huruf, penggabungan dua ayat menjadi setengah ayat, tidak ada halamannya, tidak terdapat nama surat dan jusnya. Pokoknya salah total. Maka dari itu disepakati oleh MUI Sidoarjo dinamakan Mushaf. Sekali lagi MUI bukan membakar Al-Qur’an, melainkan Mushaf,” tegasnya.

Ditambahkan KH Usman Bahri, pembakaran yang dilakukan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti pemujaan-pemujaan yang menjurus ke arah musyrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cendekiawan Muslim tak Tahu Jumlah Juz Al-Quran':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO