Selasa, 20 April 2021 04:53

​Karang Taruna Tengger Lor dan Relawan di Kediri Bersihkan Sampah Sungai Watuduwur

Minggu, 07 Februari 2021 20:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Muji Harjita
​Karang Taruna Tengger Lor dan Relawan di Kediri Bersihkan Sampah Sungai Watuduwur
Aksi Karang Taruna dan relawan saat bersih-bersih sampah di pinggir Sungai Watuduwur, Desa Tengger Lor, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri. foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Karang Taruna Desa Tengger Lor dan relawan yang tergabung dalam ARPLH (Aliansi Relawan Peduli Lingkungan Hidup) Kediri Raya, Minggu (7/2), menggelar aksi bersih-bersih sampah di Sungai Watuduwur, Desa Tengger Lor, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri.

Meski debit air sungai agak naik, hal itu tidak mengurangi semangat puluhan anggota karang taruna dan relawan untuk terjun ke sungai. Sampah yang berada di pinggir dikumpulkan, kemudian dibuang ke tempat yang semestinya.

Sedangkan untuk membersihkan sampah yang tersangkut di bawah jembatan, para relawan menggunakan ban untuk mengambilnya. Ban itu dibawa oleh salah satu relawan dari Mojolegi Adventure, Pare.

Aksi bersih-bersih sampah tersebut tidak hanya melibatkan karang taruna dan relawan saja, tapi juga melibatkan Pemerintah Desa Tengger Lor dan Forkopimcam Kunjang yang juga turun langsung ke Sungai.

BACA JUGA : 

Hindari Kemacetan Menuju Kota Kediri, Warga Bulusari Ini Pilih Naik Perahu

Dandim dan Kapolres Kediri Kota Gelar Giat Santri Gruduk Masjid Panjalu

Menyedihkan! Saking Miskinnya, Waga Kediri Ini Jarang Ganti Pakaian, WWN pun Beri Bantuan

Perampokan Dengan Modus Tusuk Ban di Kediri, Uang Rp. 500 Juta Amblas

Kades Tengger Lor, Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, Rois Muktar menyampaikan bahwa pihak pemerintah desa sangat mendukung aksi bersih-bersih sampah di Sungai Watuduwur ini.

"Karena kegiatan ini digelar di masa pendemi, maka harus dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Utamanya, setiap peserta harus memakai masker," kata Rois Muktar.

Sedangkan dr. Ari, perwakilan relawan mengatakan bahwa aksi bersih-bersih sampah di sungai ini merupakan hal yang patut didukung. Tapi karena masih di tengah pandemi, maka relawan yang terlibat juga dibatasi dan harus menerapkan protokol kesehatan.

"Kami para relawan sangat mendukung aksi dari kawan-kawan Karang Taruna Desa Tengger Lor ini. Karena aksi bersih-bersih sampah di sungai ini sendiri termasuk salah satu program para relawan di Kediri, selain penanaman pohon di hutan dan sekitar sumber air," kata relawan berambut gondrong tersebut.

dr. Ari, sangat berterima kasih kepada Karang Taruna Desa Tengger Lor dan Pemerintah Desa Tengger Lor yang telah melibatkan kawan relawan dalam aksi bersih-bersih sampah di Sungai Watuduwur ini.

Sementara itu, Peni Wulandari, mewakili Karang Taruna Desa Tengger Lor juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Desa Tengger Lor dan Forkopimcam Kunjang yang telah mendukung aksi bersih-bersih sampah tersebut.

"Tentunya ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada kawan-kawan relawan yang telah sudi meluangkan waktunya untuk ikut turun ke sungai," ujar mantan Aanggota Panwascam Kunjang yang juga aktivis lingkungan ini. (uji/ian)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...