Kapolres Bojonegoro Luncurkan Astuti, Mobile Command Center Multifungsi

Kapolres Bojonegoro Luncurkan Astuti, Mobile Command Center Multifungsi Astuti Mobile Command Center Polres Bojonegoro. (foto: ist)

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Era digitalisasi dimanfaatkan anggota untuk terus membuat terobosan guna membantu tugas-tugasnya. Setelah sebelumnya Robot Bobota, kini meluncurkan Mobile Command Center bernama Astuti yang berupa kendaraan mobil.

Mobil ini multifungsi, yakni sebagai pusat monitoring, komunikasi, koordinasi, komando pengendalian personel dan informasi dalam bentuk kendaraan mobile yang dapat dipindahkan sewaktu-waktu, sehingga sangat fleksibel dan dinamis untuk memudahkan operasional di lapangan.

Selain itu, Astuti Mobile Command Center ini juga berfungsi untuk menyimpan, mengetahui, dan memberikan data informasi seputar kegiatan yang berhubungan dengan kebutuhan, serta segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan oleh saat ini.

"Astuti Mobile Command Center ini untuk memudahkan komunikasi, monitoring, koordinasi, komando pengendalian personel saat di lapangan. Mobil ini bisa berpindah tempat menyesuaikan dengan kegiatan dan mudah dioperasionalkan," ujar Kapolres Bojonegoro AKBP Eva Guna Pandia saat peluncuran Astuti, Rabu (30/12/2020).

Kata dia, mobil ini juga dilengkapi dengan perangkat elektronik tactical map game, dapat pula digunakan untuk kegiatan portable Zoom Meeting, dan pengendali robot yang dimiliki oleh , yaitu Bobota (Robot Bojonegoro Tangguh) dan drone yang berfungsi untuk pemantauan langsung dari udara.

"Mobil ini juga dilengkapi aplikasi berbasis Informasi dan teknologi (IT)," kata Mantan Kapolres Tulungagung itu.

Lanjut dia, juga dilengkapi dengan kemampuan antara lain artificial intelligence untuk mendeteksi masyarakat yang tidak menggunakan masker dari PTZ CCTV, selain itu juga sebagai pusat komando dan pengendalian mobile.

AKBP Eva Guna Pandia juga menerangkan kelebihan dari Astuti Mobile Command Center tersebut, yakni efisien untuk handle pospam temporer atau pospam statis untuk lokasi yang tidak terlalu banyak kegiatan, kemudian bisa digunakan untuk mobilitas tinggi karena dapat berpindah tempat.

Dengan hadirnya Astuti Mobile Command Center, Kapolres Bojonegoro berharap adanya dukungan dan kerja sama untuk memudahkan antara masyarakat dan kepolisian, dalam melaporkan situasi daerah atau desa yang ada peristiwa. Seperti pelaku kejahatan, kebakaran, bencana, kecelakaan, dan peristiwa lainnya. (nur/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO