Diterjang Lahar Dingin hingga Tepian Sungai Jebol, Warga di Sekitar DAS Semeru Mengungsi

Diterjang Lahar Dingin hingga Tepian Sungai Jebol, Warga di Sekitar DAS Semeru Mengungsi Masyarakat Daerah Aliran Sungai (DAS) Semeru Dusun Bondeli Lor, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang saat berada di tenda pengungsian. (foto: ist)

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Masyarakat yang tinggal di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Semeru di Dusun Bondeli Lor, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang berbondong-bondong mengungsi. Pasalnya, mereka khawatir lantaran dinding penghalang tepian sungai DAS Semeru jebol.

Derasnya arus sungai lahar dingin bercampur dengan material pasir dan batu sisa lahar panas membuat dinding tepian sungai terkikis dan ambrol. Masyarakat mengungsi untuk menyelamatkan diri.

"Airnya sangat deras bercampur batu dan pasir," ujar Rahman, warga setempat.

Dia bersama warga yang lain merasa was-was sehingga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Mendapatkan informasi tersebut, Bupati Lumajang bersama jajaran Forkopimcam Candipuro dan relawan melakukan pengecekan terhadap kondisi terkini jalur aliran lahar, Kamis (3/12/2020) malam.

Bupati mendapati aliran lahar yang cukup deras, sehingga ada beberapa dinding penahan aliran sungai jebol. Bupati meminta jajaran Pemerintah Desa Sumberwuluh untuk tetap waspada dengan segala kemungkinan yang terjadi.

"Yang penting waspada dulu, proses evakuasi terus dilakukan, terutama daerah yang berada di tepian arus sungai lahar," terangnya.

Lihat juga video 'Penendang Sesajen Semeru Berhasil Ditangkap':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO