Gemintang, Film Lolos Kurasi Festif Kemenparekraf Tayang Perdana di JAFF Jogja

Gemintang, Film Lolos Kurasi Festif Kemenparekraf Tayang Perdana di JAFF Jogja Launching Fasilitasi Film Berbahasa Daerah Festif x 15th JAFF (Jogja-NETPAC Asian Film Festival) "Kinetic". (foto: ist)

YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Setelah sebelumnya dilakukan proses kurasi proposal, film-film peserta Festif (Fasilitasi Ide Sinema Kreatif) ditayangkan perdana di Yogyakarta dengan tajuk "Launching Fasilitasi Berbahasa Daerah".

Festif merupakan Fasilitasi Ide Sinema Kreatif yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Salaka.edu dan didukung oleh Indonesian Community Network (IFCN), memberikan ruang dan apresiasi kepada pelaku perfilman dalam mengekspresikan diri di tengah pandemi.

Festif diluncurkan di 15th JAFF (Jogja-NETPAC Asian Festival) "Kinetic" pada Jumat, 27 November 2020 di Kedai Kebun Forum, Yogyakarta. JAFF digelar sejak tanggal 25-29 November 2020, memutar 57 film panjang dan 72 film pendek dari 29 negara se-Asia Pasifik.

Manajer Program Festif Litani Tesalonika mengatakan, dengan mengusung tema "ISOLASI-Keterasingan", fasilitasi ini menjadi wadah yang berperan untuk meningkatkan daya saing komunitas melalui film berbahasa daerah.

"Para peserta Festif datang dengan ide yang khas dari daerahnya dan perspektifnya menarik," tuturnya.

Sejurus dengan pernyataan itu, Yurico Abi, dari Indonesian Community Network menambahkan bahwa film-film Festif yang diproduksi tidak sekadar menjadi portofolio komunitas.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO