Senin, 19 April 2021 16:46

​Winner 2020, Sesi Networking Jadi Program Paling Diminati

Minggu, 29 November 2020 00:59 WIB
Editor: Tim
Wartawan: M. Didi Rosadi
​Winner 2020, Sesi Networking Jadi Program Paling Diminati
Sesi networking yang difasilitasi jaringan alumni Belanda di Indonesia menjadi program paling diminati di WINNER 2020. foto : istimewa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pada penutupan acara Week of Indonesia-Netherlands Education and Research (WINNER) 2020, panitia mengadakan survei singkat kepuasan peserta terhadap acara tersebut. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah ‘Which 2 activities did you enjoy most during WINNER?’, apa saja dua program yang paling anda nikmati selama acara WINNER?.

Survei melalui platform mentimeter.com ini menampilkan hasil sesi Networking WINNER sebagai salah satu acara yang paling banyak diminati peserta selama perhelatan WINNER 2020.

Sebagai informasi, sesi Cooperation dan Networking merupakan salah satu rangkaian acara WINNER yang diselenggarakan di hari ke-2 (25 November 2020). Sesi ini difasilitasi oleh oleh Nuffic Neso Indonesia melalui jaringan alumni Belanda, Holland Alumni Network.

Tujuan diselenggarakanya acara ini di antaranya adalah sebagai wadah diskusi informal sekaligus matchmaking antar alumni Belanda dan beberapa stakeholders untuk memperkuat dan meningkatkan kerja sama Indonesia-Belanda.

BACA JUGA : 

Soal Pendidikan di Masa Pandemi, Litbang Kemendikbud Ajak Seluruh Aktor Pendidikan Berkolaborasi

​Tantangan Pendidikan, Digitalisasi dan Ancaman 51, 8 % Potensi Pekerjaan Hilang

​Indonesia-Belanda Komitmen Membuka Peluang Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian

Pentingnya Platform Digital Bagi Pendidikan di Masa Pandemi

Selama program networking dan matchmaking ini, peserta juga diperkenankan untuk mempresentasikan poster seputar inovasi kerja dan temuan penelitian untuk didiskusikan bersama peserta networking lainnya. Panitia menyediakan 30 ruang (breakout room zoom) untuk dipergunakan para peserta WINNER yang ingin melakukan diskusi maupun aktivitas networking lainnya.

Dito Alif Pratama, selaku Alumni Officer Nuffic Neso Indonesia sekaligus penanggung jawab acara sesi networking ini menegaskan bahwasanya program ini sangatlah bermanfaat, tidak hanya untuk membangun jejaring antar sesama alumni Belanda, tetapi juga dengan beberapa pemangku kepentingan yang relevan lainya.

"Beberapa peserta juga mengabari saya bahwa setelah ikuti sesi networking, ada di antara mereka yang berkomitmen bekerja sama mengerjakan suatu project penelitian, di antaranya di bidang kesehatan, tata kelola air, dan ketahanan pangan," ujar Dito dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/11/2020).

Sedikitnya 15 alumni Belanda hadir memfasilitasi sesi networking ini. Para alumni yang tergabung dalam jaringan Holland Alumni Network Indonesia menyiapkan 11 ruangan networking.

Setiap ruangan tersebut diberi nama sesuai dengan tujuan (goals_ dari Sustnaibale Development Goals (SDGs) yang menjadi minat dan kajian mereka, diantaranya, Room SDGs 2 : Zero Hunger, SDGs 3 : Good Health and Well-being, Room SDGs 4 : Quality Education, Room SDGs 6 : Clean Water and Sanitation, Room SDGs 7 : Affordable and Clear Energy, Room SDGs 9 : Industry, Innovation, and Infrastructure, Room SDGs 10 : Reduced Inequalities, Room SDGs 13 : Climate Action, Room SDGs 14 : Life Below Water, Room SDGs 16 : Peace, Justice, and Strong Institutions, dan Room SDGs 17 : Partnership for the Goals.

Masing-masing alumni Belanda, tidak hanya memfasilitasi sesi networking di masing-masing ruangan berbeda tersebut, tetapi juga mempresentasikan poster hasil inovasi riset dan aktivitas kerja yang mereka lakukan saat ini. (mdr)

Teh Panas Rp 5.000, Teh Dingin Rp 10.000, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (7)
Minggu, 18 April 2021 22:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com –Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan kali ini M Mas’ud Adnan – sang narator - mereview tentang orang Madura yang tiba-tiba haus. Ia pun pergi ke warung di pinggir jalan. Ia membeli teh. Di warung itu semua barang yang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...