Rabu, 27 Januari 2021 08:18

Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Top 45 KIPP 2020 dari Kemenpan RB untuk Program Klinik BUM Desa

Kamis, 26 November 2020 12:19 WIB
Editor: MMA
Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Top 45 KIPP 2020 dari Kemenpan RB untuk Program Klinik BUM Desa
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi semua jajaran terutama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa selaku pengampu Klinik BUM Desa, sahabat desa dan pengelola BUM Desa se-Jawa Timur. foto: ist/ bangsaonline.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2020 dari Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Penghargaan Top 45 KIPP diberikan kepada Khofifah dari Program Klinik BUM Desa Provinsi Jawa Timur dalam kategori Inovasi Pemerintah Provinsi menyisihkan 2.249 Inovasi Pelayanan Publik seluruh Indonesia hingga terpilih TOP 99, dan berlanjut terpilih TOP 45.

Masuknya program Klinik BUM Desa dalam pemenang Top 45 KIPP tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 192/2020 tentang Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dan 5 Pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovations 2020, yang diumumkan Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Diah Natalisa.

Top 45 KIPP terdiri atas 7 inovasi dari kementerian, 5 inovasi lembaga, 7 inovasi dari pemerintah provinsi, 19 inovasi dari pemerintah kabupaten, serta pemerintah kota yang menyumbangkan 7 inovasi.

Klinik BUM Desa menjadi satu-satunya inovasi dari kategori Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Selain itu juga ada 3 inovasi yang masuk top 45 KIPP 2020 kategori inovasi kabupaten dan kota, yakni program Sepasar Pedas dari Kota Malang, program Gayatri dari Kota Mojokerto, dan program Rumahku SIP dari Kabupaten Gresik.

"Khusus untuk pemerintah daerah, peraih Top 45 akan diberikan Dana Intensif Daerah (DID) 2021," kata Diah Natalisa.

(Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menerima penghargaan dari Menpan RB Tjahjo Kumolo, Rabu (25/11/2020). foto: ist/ bangsaonline.com)

Gubernur Khoifah mengatakan bahwa inovasi harus terus dikembangkan secara alamiah dan terus menjadi kultur pemerintahan di Jawa Timur. “Inovasi harus terus dikembangkan sebagai budaya kerja. Inovasi kata kuncinya sinergi dan kolaborasi,” kata Khofifah.

Inovasi, tutur Khofifah, seakan menjadi kebutuhan untuk saat ini. “Bahkan saat orang lain berlari, kita justru dituntut untuk melompat. Terima kasih atas semua ikhtiar yang dilakukan dalam upaya mengembangkan inovasi di Jatim,” ucapnya.

Gubernur Khofifah bersyukur dengan hasil yang dicapai Klinik BUM Desa dalam KIPP 2020.

Dia juga mengucapkan banyak terima kasih atas semua ikhtiar yang dilakukan dalam upaya mengembangkan inovasi di Jawa Timur, khususnya kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa selaku pengampu Klinik BUM Desa, sahabat desa dan pengelola BUM Desa se-Jawa Timur.

"Keberhasilan ini adalah keberhasilan kita semua," katanya.

Klinik BUM Desa, kata Khofifah, merupakan implementasi Program Jatim Berdaya dalam Nawa Bhakti Satya, Inovasi ini merupakan pendekatan paripurna dalam pembinaan BUM Desa sebagai penggerak perekonomian perdesaan untuk percepatan penurunan kemiskinan perdesaan.

Dalam waktu kurang dari dua tahun Klinik BUM Desa telah berhasil meningkatkan kinerja BUM Desa menjadi kategori Maju. Hingga akhir November 2020, sudah tercatat 6.098 BUM Desa di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Timur. Jumlah BUM Desa kategori maju tercatat 487 BUM Desa, kategori berkembang 2.280 BUM Desa dan kategori pemula, 3.331 BUM Desa.

Klinik BUM Desa mampu mewujudkan sinergitas pentahelix dalam pembinaan BUM Desa. Diantaranya berupa kerjasama dengan PT HM Sampoerna (20 unit BUM Desa), PT Pos Indonesia (833 unit BUM Desa), Bank BNI 46 (1.341 BUM Desa), PT Mitra BUM Desa Nusantara (2 unit BUM Desa), Bank UMKM Jatim (1 unit BUM Desa), PT Pertamina (pendirian pertashop di 14 BUM Desa), dan platform jual beli online Tokopedia (3 BUM Desa), 16 PTN dan 7 PTS di Jatim melalui KKN Tematik dan Doktor Mengabdi, serta Lumbung Pangan Jawa Timur (82 BUM Desa) . Pada

13 November 2020 lalu, Klinik BUM Desa juga dinobatkan sebagai Best Of The Best Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Provinsi Jawa Timur 2020. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...