​Fahri Hamzah Resmikan Gapura Makam Syekh Umar Sumbawa dan K.H. Hasbullah

​Fahri Hamzah Resmikan Gapura Makam Syekh Umar Sumbawa dan K.H. Hasbullah Fahri Hamzah berziarah dan meresmikan Gapura Makam Syekh Umar Sumbawa yang terletak di Ujung Timur Surabaya. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua DPR RI Periode 2014-2019, Fahri Hamzah meresmikan Gapura Makam Syekh Umar Sumbawa yang terletak di Ujung Timur Surabaya, Kamis (12/11/2020).

Peresmian dilakukan dengan pemotongan pita oleh Fahri bersama Pengurus Makam Waliyullah Syekh Umar Sumbawa Djaun Fahmil Ilmi dan Anggota DPRD Surabaya Budi Leksono.

Peresmian juga diikuti dengan acara ramah tamah oleh Ikatan Kerukunan Keluarga Sumbawa (IKKS) di Surabaya.

"Alhamdulillah, kita ada ikhtiar kecil, kita mulai sebuah rangka untuk membangun kompleks dua tokoh besar yang pelan-pelan terungkap. Begitulah orang-orang besar, kita tidak dengar, Insya Allah dengan karunia Allah terungkaplah," ujar Wakil Ketua Umum Partai Gelora itu.

Sebagai putra Sumbawa, Fahri merasa bersyukur bertemu dengan Pengurus Makam Waliyullah Syekh Umar Sumbawa, Djaun Fahmil Ilmi atau Gus Fahmi yang merupakan keturunan K.H. Hasbullah, seorang tokoh ulama yang kali pertama memakmurkan Makam Syekh Umar Sumbawa.

"Kita bertemu dan berkolaborasi untuk mengembangkan tempat ini. Bukan hanya soal materi ekonomi bisa tumbuh, tapi yang paling penting nilai sejarah, nilai perjuangan," tuturnya.

Sementara itu Gus Fahmi menyampaikan bagaimana K.H. Hasbullah yang merupakan tokoh ulama besar pada waktu itu menyelamatkan jasad Syekh Umar Sumbawa.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO