Rabu, 24 Juli 2019 04:27

Jelang Diskusi 3rd NTNST 2019, Delegasi Belanda Kunjungi Makam Kembang Kuning

Selasa, 25 Juni 2019 21:29 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Devi Fitri
Jelang Diskusi 3rd NTNST 2019, Delegasi Belanda Kunjungi Makam Kembang Kuning

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jelang sehari pelaksanaan acara diskusi dalam rangka 3rd Navy To Navy Staff Talks (NTNS) antara TNI AL dengan Royal Netherland Navy, delegasi Belanda melaksanakan ziarah ke makam kehormatan Belanda (Ereveld) yang terletak di Kembang Kuning Surabaya, Selasa (25/6).

Ziarah tersebut dipimpin langsung oleh Brigadier General Jeff R. Mac Mootry, selaku Ketua Delegasi Royal Netherland Navy (RNLN). Ziarah ini juga sengaja dilakukan untuk mengenang ribuan tentara Belanda yang gugur dalam perang di Laut Jawa pada tanggal 27 Februari 1942.

Dalam perang tersebut, tiga kapal Belanda ditenggelamkan oleh kapal Jepang, yaitu HNMLS De Ruyter, HNMLS Kortenaer dan HNMLS Java. Karel Doorman merupakan nama kapten salah satu kapal itu, yaitu HNMLS De Ruyter.

Saat itu, kapal yang dikomando Karel Doorman terbelah setelah dihantam torpedo kiriman dari kapal perang Jepang. Perang tersebut membuat Jepang berhasil memukul mundur pasukan Sekutu, termasuk Belanda. Jenazah ratusan anak buah kapal yang juga tentara kerajaan Belanda itu dimakamkan secara terpisah di masing-masing ereveld yang ada di Jakarta, Bandung, Semarang, dan di Surabaya yaitu Ereveld Kembang Kuning itu.

Sementara itu kunjungan yang dilakukan Brigadier General Jeff R. Mac Mootry bersama empat anggota delegasi RNLN lainnya ke Makam Kehormatan Belanda Kembang Kuning, menjadi bagian dari kegiatan 3rd Navy To Navy Staff Talks (NTNS) antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Belanda.

Kegiatan berupa forum diskusi yang membahas berbagai aspek kerja sama di bidang angkatan laut ini melibatkan dua delegasi, yakni delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Asisten Operasi Kasal Laksda TNI Didik Setiyono, S.E.,M.M. . Sedangkan Delegasi Belanda dipimpin oleh Brigjen Jeff R. Mac Mootry, Director of Operations Royal Netherland Navy. Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari di Surabaya, yakni sejak hari ini (Selasa, 25/6) hingga Rabu (26/9) besok bertempat di Hotel Majapahit. (dev/ian)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...