Rabu, 27 Januari 2021 02:13

​Desak Presiden Prancis Minta Maaf, Rakernas Muslimat NU Ditutup Gubernur Khofifah

Senin, 02 November 2020 12:54 WIB
Editor: mma
​Desak Presiden Prancis Minta Maaf, Rakernas Muslimat NU Ditutup Gubernur Khofifah
Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman menyerahkan secara simbolis sepuluh alat video conference kepada Ketua Panitia Rakernas Muslimat NU Dra. Hj. Nyai Masruroh Wahid disaksikan Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Nyai Khofifah Indar Parawansa, M.Si yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat NU. foto: Pemkot Batu

BATU, BANGSAONLINE.com - Salah satu rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Muslimat NU yang digelar sejak 28 Oktober hingga 1 November 2020, adalah mendesak Presiden Prancis Emmanuel Macron minta maaf karena dianggap telah menghina Islam, terutama Nabi Muhammad SAW.

“Menanggapi pernyataan Presiden Macron yang dinilai menghina, Muslimat NU mengajukan agar pernyataan tersebut dihapus dan Presiden Macron meminta maaf. Muslimat NU juga mendukung pernyataan Presiden Jokowi yang mengecam pernyataan Presiden Macron,” kata Dra Hj Nyai Masruroh Wahid, Ketua Panitia yang juga Ketua PW Muslimat NU Jawa Timur saat membacakan rekomendasi pada acara penutupan Rakernas Muslimat NU di Singhasari Resort Batu, Minggu (1/11/2020).

Acara Rakernas Muslimat NU itu ditutup langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU. Rakernas kali ini diikuti 1.808 pengurus Muslimat NU dari berbagai daerah Indonesia secara offline maupun online.

Tampak hadir Komisaris Independen PT Garuda Indonesia, Yenny Wahid, Wali Kota Batu Dra Hj Dewanti Rumpoko, Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman, Direktur Pascasarjana Unisma Malang yang juga Ketua ISNU Jawa Timur, Prof Dr Mas’ud Said dan para tokoh yang lain.

Dalam acara yang diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan sholawat Nabi Muhammad SAW itu, juga diputar video kilas balik kegiatan Rakernas dan Mukernas Muslimat NU di Kota Wisata Batu. Selain itu juga penyerahan simbolis sepuluh alat video conference bantuan dari Bank Jatim kepada Muslimat NU.

Nyai Masrulloh Wahid mengucapkan terima kasih, terutama kepada Pemerintah Kota Batu yang telah memberikan izin pelaksanaan kegiatan PP Muslimat NU. "Terima kasih semuanya atas support-nya karena kita ingin membangun suasana kebangsaan yang penuh kedamaian," kata Masruroh.

Sementara Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko justru mengapresiasi Muslimat NU karena telah mempercayakan kota yang dipimpinnya sebagai tempat kegiatan Muslimat NU yang sangat bermanfaat ini. “Semoga Rakernas dan Mukernas Muslimat NU membawa kemaslahatan bagi Indonesia,” harapnya.

Secara khusus Wali Kota Dewanti menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Khofifah yang telah membantu Pemkot Batu untuk merencanakan pelebaran jalan akibat kemacetan lalu lintas.

Yang menarik, selain menyikapi kasus penghinaan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Rakernas Mulismat NU kali ini juga menelurkan empat poin rekomendasi. Yaitu:

1. Mengusulkan untuk meninjau ulang perizinan lembaga PAUD, memberikan akses untuk mengembangkan aplikasi belajar mengajar selama COVID19 dan memberikan sarana/prasarana di daerah tertinggal. Serta memberikan akses bagi guru PAUD untuk menjalani diklat, pelatihan formal dan non formal.

2. Regulasi untuk Fintek terutama Fintek Syariah yang harus dilakukan berhadap-hadapan, aman, cepat, mudah, efisien, dan jauh dari fintek haram.

3. Menanggapi pernyataan Presiden Macron yang dinilai menghina, Muslimat NU mengajukan agar pernyataan tersebut dihapus dan Presiden Macron meminta maaf. Muslimat NU juga mendukung pernyataan Presiden Jokowi yang mengecam pernyataan Presiden Macron.

4. Warga Muslimat NU dilarang menyelenggarakan kegiatan besar dan masif sampai ada ketentuan dari pemerintah. Serta selalu mengikuti Protokol Kesehatan. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...