Kamis, 03 Desember 2020 04:06

Lihat Ini Pentingnya Vaksinasi Pada Orang Dewasa

Minggu, 25 Oktober 2020 17:35 WIB
Editor: Redaksi
Lihat Ini Pentingnya Vaksinasi Pada Orang Dewasa
foto: sciencenews.org

BANGSAONLINE.com - Akhir-akhir ini sedang ramai pembahasan tentang vaksin. Dari mulai sosialisasi tentang pentingnya vaksin dewasa, hingga proses pengembangan vaksin Covid-19 yang memang sedang menjadi perbincangan dalam dunia kesehatan. Lantas kenapa vaksin ini penting?

Kita tidak pernah tahu kapan penyakit akan menyerang. Namun saat penyakit tersebut datang, semua hal yang sudah direncanakan dapat berantakan, bahkan gagal, kesempatan yang mungkin tidak akan datang kembali.

Tentunya hal ini bisa dihindari jika kesehatan tubuh selalu dijaga dengan baik. Salah satu caranya menjaga kesehatan tubuh adalah melakukan vaksinasi. Karena vaksinasi berfungsing agar imunitas tubuh dapat mengenali bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Vaksinasi ternyata tidak hanya dibutuhkan oleh anak, tetapi juga oleh orang dewasa. Tujuannya menjaga orang tersebut sadari ancaman kuman dan virus berbahaya yang ada di sekitar kita. Berikut ini pentingnya vaksinasi bagi orang dewasa.

1. Menjaga kesehatan tubuh

Tubuh akan membentuk sel imunitas jika pernah terpapar dengan bibit penyakit tersebut. Perkenalan yang dilakuan bisa secara alami melalui infeksi yang didapatkan, bisa juga melalui vaksinasi dengan bibit penyakit yang mati atau dilemahkan, sehingga tubuh memiliki sel memori untuk mengenal bibit penyakit.

Dengan demikian tubuh akan mampu mengenali bibit penyakit yang tidak sengaja masuk dan menginfeksi tubuh. Lalu bibit penyakit itu akan dihancurkan menggunakan sistem pertahanan tubuh berupa magrofak, sel limfosit, Nk cell, dan lain sebagainya.

2. Mencegah penyebaran penyakit

(foto: thescientist.com)

Kuman dan virus membutuhkan inang atau host untuk berkembang biak. Jika dalam waktu tertentu bibit penyakit ini tidak mendapatkan tempat yang sesuai untuk berkembang, maka dalam waktu singkat ia akan mati. Itulah yang disebut dengan imunitas kelompok.

Oleh sebab itu, jika sekelompok orang sudah kebal terhadap satu atau lebih bibit penyakit, maka bibit penyakit akan susah menemukan tempat untuk berkembang. Secara alami bibit penyakit ini akan punah. Kekebalan ini bisa didapatkan dengan vaksinasi yang dilakukan.

Untuk mencari klinik vaksin terdekat, dapat menggunakan aplikasi Halodoc. Karena aplikasi ini menghadirkan fitur di mana kita dapat mencari klinik vaksin terdekat di sebuah kota. Termasuk bagi Anda yang berdomisili di kota Medan, Halodoc juga menghadirkan beberapa klinik vaksin medan yang untuk membuat janji dapat dilakukan dengan mudah melalui satu aplikasi saja.

3. Mencegah komplikasi berat

Vaksin yang diberikan bertujuan untuk menjaga tubuh untuk mampu mencegah bibit penyakit yang masuk dan menyerang organ di dalam tubuh. Jika dibiarkan, maka bibit penyakit ini dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh, sehingga bisa mengancam jiwa.

Untuk itu, sangat penting bagi tubuh untuk dapat mengalahkan bibit penyakit yang masuk, sebelum jumlahnya bertambah banyak dan penyebarannya semakin jauh. Dengan bantuan vaksin, hal ini bisa dilakukan.

4. Meningkatkan kualitas hidup

(foto: bq-magazine.com)

Pemberian vaksin yang berarti meningkatkan kemampuan tubuh mencegah penyakit. Hal membuat seseorang terus sehat dan bisa melakukan banyak hal. Dengan tubuh yang sehat banyak kesempatan yang bisa diraih.

Hal ini tentu berimbas pada peningkatan kualitas hidup yang dijalaninya. Seseorang tersebut akan terhindar dari stres dan bisa menjalani hidup lebih bermakna. Bukankah ini yang diinginkan setiap orang?

5. Mengurangi beban negara

Meningkatnya jumlah orang sakit, terutama penyakit berat yang membutuhkan perawatan lama dan berbiaya besar, tentu akan meningkatkan beban negara. Kesehatan sebagai kebutuhan dasar manusia menjadi tanggung jawab pemerintah. Hal itu ditunjukkan dengan adanya BPJS Kesehatan.

Oleh karena itu, mencegah dengan vaksin medan menjadi salah satu cara untuk menurunkan jumlah orang sakit. Dengan melakukan vaksinasi berarti anda telah membantu negara mengurangi anggaran kesehatan yang semakin, makin membesar.

Kesehatan yang diberikan Tuhan merupakan sebuah karunia yang seharusnya kita jaga dan pelihara. Karena dengan sehat lah kita bisa mencapai apa yang dicita-citakan. Menjadi sehat sebuah keharusan yang sering diabaikan.

Begitu besar keuntungan yang bisa didapat dengan melakukan vaksinasi pada orang dewasa. Cara pencegahan yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk anda. Jadi lakukanlah vaksinasi dengan segera, serta melakukan gaya hidup sehat. agar kesehatan selalu menjadi milik anda

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Sabtu, 28 November 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...