Sabtu, 05 Desember 2020 12:50

Salurkan JPS Sanitasi Lingkungan di Tuban, Menaker dan Mendes PDTT Beber Program Penanganan Covid-19

Sabtu, 24 Oktober 2020 21:51 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Gunawan Wihandono
Salurkan JPS Sanitasi Lingkungan di Tuban, Menaker dan Mendes PDTT Beber Program Penanganan Covid-19
Penyerahan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Padat Karya Sanitasi Lingkungan di Desa Pandanagung, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Sabtu (24/10/2020). (foto: ist)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Secara bersamaan, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) mengunjungi Kabupaten Tuban.

Kehadiran dua menteri kabinet Jokowi itu untuk menyerahkan Jaring Pengaman Sosial (JPS) Padat Karya Sanitasi Lingkungan di Desa Pandanagung, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, Sabtu (24/10/2020).

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah menjelaskan, salah satu program JPS tersebut berupa pembangunan sebanyak 1.000 tempat MCK (Mandi, Cuci, Kakus) dan pengadaan air bersih. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan khususnya di pedesaan.

"Semoga program ini mampu membantu dan bermanfaat bagi masyarakat desa," tuturnya.

Sementara itu, Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar berharap bantuan tersebut dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa. Sebab, dampak pandemi Covid-19 sangat dirasakan berbagai lapisan masyarakat, tak terkecuali di wilayah pedesaan. 

Menurutnya, selama ini berbagai strategi telah dilakukan Kementerian Desa dalam upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya membentuk Relawan Desa Lawan Covid-19, dengan menyosialisasikan dan menyiapkan sarana prasarana pencegahan Covid-19 untuk meminimalisasi penularan di desa.

"Grafik penularan Covid-19 di desa sangat kecil sekali tidak sampai 5 persen dari nasional, untuk itu kita canangkan Desa Aman Covid-19," ujarnya.

Gus Menteri juga menyinggung sisa Dana Desa yang belum terserap, agar dialokasikan untuk program padat karya tunai desa sebagai bagian dari JPS di bidang ekonomi.

"Ada sekitar Rp 27 triliun yang bisa kita alokasikan. Kita bersama-sama untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada di desa," tuturnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein mengucapkan terima kasih atas apa yang disalurkan berupa program Jaring Pengaman Sosial (JPS) berupa Padat Karya Sanitasi Lingkungan.

Menurutnya, wilayah tersebut sangat layak mendapatkan program tersebut, mengingat daerah itu memiliki potensi yang sangat baik dari segi sumber daya manusianya.

"Selain daerah pertanian di sini juga banyak masyarakat yang berkarya di bidang UMKM. Tidak salah bantuan ini ditujukan kepada masyarakat Tuban khususnya di wilayah Soko, karena imbas Covid-19 sangat dirasakan oleh masyarakat," ujarnya. (gun/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Selasa, 01 Desember 2020 16:52 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com – Meletusnya Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, tidak mengakibatkan kenaikan material vulkanik di Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo.Namun demikian, status Gunung Bromo tetap level II atau waspada. Sehingga pengunju...
Sabtu, 28 November 2020 22:34 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Nahdlatul Ulama (NU) punya khasanah (bahasa) baru: Neo Khawarij NU. Istilah seram ini diintroduksi KH Imam Jazuli, LC, MA, untuk mestigmatisasi kelompok kritis NU: Komite Khittah Nahdlatul Ulama (KKNU). Khawarij ...
Rabu, 02 Desember 2020 21:44 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*39. walawlaa idz dakhalta jannataka qulta maa syaa-a allaahu laa quwwata illaa biallaahi in tarani anaa aqalla minka maalan wawaladaanDan mengapa ketika engkau memasuki kebunmu tidak mengucapkan ”Masya Allah, ...
Kamis, 03 Desember 2020 15:46 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...