Rabu, 28 Oktober 2020 09:28

​Sikap Ning Lia di Pilwali Surabaya: Netral Yes, Golput No!

Selasa, 29 September 2020 21:29 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Didi Rosadi
​Sikap Ning Lia di Pilwali Surabaya: Netral Yes, Golput No!
Ning Lia saat mendaftar sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Surabaya dari PDI Perjuangan. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Setelah rakor bersama relawan, banyak pihak yang mempertanyakan ke mana sikap Ning Lia berlabuh. Ada yang memprediksi Ning Lia merapat ke pasangan calon nomor urut 1, Eri Cahyadi - Armuji tapi ada juga prediksi Ning Lia bergabung dengan pasangan calon nomor urut 2, Machfud Arifin - Mujiaman Sukirno.

"Netral", jawab Lia singkat, didampingi oleh Gus Yusub Hidayat, ketua Benteng Lia, saat ditemui di kediamannya di kawasan Wonocolo, Selasa (29/9).

Perempuan yang akrab disapa Ning Lia ini mengungkapkan, tidak mudah saat dirinya harus memutuskan netral. Harus banyak pertimbangan dan mengedepankan yang terbaik. Namun, dia menegaskan netral bukan berarti golput.

Lia melanjutkan, siapa pun paslon yang datang ke rumahnya, dia pasti akan mendoakan yang terbaik. Namun hal itu tidak menjadikan dirinya melarang siapa pun, termasuk relawan untuk memihak salah satu paslon. Karena semua punya hak yang tidak boleh diintervensi.

"Bangunan kekeluargaan relawan bagi saya sangat kuat. Contohnya, ketika bulan puasa, hampir setiap hari turun. Meski puasa, mereka tetap lakukan aksi turun ke masyarakat. Penyemprotan fogging, disinfektan, maupun aksi bagi masker. Mereka itu keren sekali semangatnya," ujar Ning Lia.

Lia mengakui, para relawan ini persaudaraannya sudah kuat satu sama lain. Meskipun latar belakang mereka ada yang nasionalis maupun religius (NU). Ketika rakor kemarin, semua ia minta los berpendapat. Bebas dan tidak perlu canggung. Semuanya terbuka, ada yang mendorong untuk dukung paslon satu, ada yang ingin ke paslon dua. Melihat polemik itu, Lia hanya berpikir simpel, jangan sampai fanatik sempit.

"Apapun pilihan, jangan sampai bersitegang sesama kawan. Itu fanatik sempit. Alhamdulillah satu sama lain, yang semula beda paslon, justru melekan (begadang) bersama. Guyon bersama. Kita semua berpikir panjang. Bukan soal pilwali saat ini saja, tapi jauh ke depan," imbuh Lia.

Setyo, salah satu relawan Ning Lia menjelaskan pandangannya. Ia mengaku selama ini tidak ada minat untuk menggunakan hak suara karena biasanya calon pemimpin sama saja.

"Namun begitu kenal Ning Lia, saya bertekad bahwa saya tidak akan golput kali ini. Pikiran saya, nama Ning Lia pasti ada dalam kertas suara. Tapi ternyata tidak. Saya geloh (kecewa, red), dan saya kira teman-teman yang lain sama," katanya.

Hal senada disampaikan relawan Ning Lia yang lain, Sri Haryati. Ia mengaku beberapa kali ikut acara kampanye. Tapi tidak ada yang chemistry sekuat ketika bersama Ning Lia. Sangat guyub dan Ning Lia mau turun sendiri untuk menyapa orang satu per satu.

Andik, seorang supir truk yang juga relawan Ning Lia, mengaku dirinya semula tidak suka politik. Tapi sejak kenal Ning Lia, dirinya merasakan beda. Ning Lia tidak kelihatan ambisi, tapi seperti keluarga sendiri.

"Sebelum rekom turun, saya dan teman-teman setiap pulang kerja langsung turun sosialisasi Ning Lia. Kami semangat dan tidak merasa lelah. Meski tidak terekom, Ning Lia tetap panutan," bebernya. (mdr/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 25 Oktober 2020 12:28 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Wisata edukasi berbasis potensi desa di Jawa Timur kembali bertambah. Kali ini, bertempat di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Are...
Senin, 12 Oktober 2020 19:15 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan --- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta para kepala daerah meniru Jawa Timur dan Sulawesi Selatan dalam menangani Covid-19. Dua provinsi tersebut – menurut Jokowi - mampu menekan angka kasus Covid-19."Saya mencata...
Kamis, 22 Oktober 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*34. wakaana lahu tsamarun faqaala lishaahibihi wahuwa yuhaawiruhu anaa aktsaru minka maalan wa-a’azzu nafaraandan dia memiliki kekayaan besar, maka dia berkata kepada kawannya (yang beriman) ketika bercakap-ca...
Selasa, 27 Oktober 2020 09:45 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...